Maksimalkan Syiar Islam, Pemkot Parepare gelar MTQ

Pemkot Parepare gelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kota 2018

Terkini.id Parepare – Pemerintah Kota Parepare menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kota 2018 yang melibatkan empat kecamatan. Dimana pelaksanaaan lomba MTQ tersebut di Masjid Besar Al Irsyad Islami Center dan Masjid Agung, pada hari ini Sabtu, 10 Februari 2018.

Kepala Bagian Kesra Parepare, Hj Aminah, menyampaikan, MTQ kali ini memacu pada peningkatan motivasi masyarakat untuk mengikuti kegiatan yang bernuansa Islam.

Dimana diharapkan berujung pada amalan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, dan menjalin hubungan silaturrahmi melalui syi’ar Islam.

“Kita akan melakukan seleksi kepada peserta MTQ, dimana yang terbaik pertama akan mewakili Kota Parepare untuk ikut MTQ tingkat Provinsi di Malili, Luwu Timur pada bulan Maret 2018 mendatang,” ujarnya.

Lebih lanjut Hj Aminah mengatakan, jika  peserta yang mengikuti MTQ tingkat kota ini berasal dari empat kecamatan yang ada di Parepare. Dengan beberapa kategori yang diperlombakan diantaranya, lomba Tilawah golongan anak, remaja dan dewasa. Hifdzil Qur’an golongan dan Musabaqah Shahril Qur’an.

“Kita telah siapkan apresiasi untuk yang terbaik, dimana juara umum mendapatkan piala bergilir. Untuk kategori perorangan, juara pertama sebesar Rp1,4 juta, juara kedua Rp1 juta dan juara tiga Rp750 ribu. Total hadiah seluruhnya sebesar Rp 46,7 juta,” katanya.

Sementara, Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, mengatakan, jika pelaksanaaan MTQ tingkat kota telah menjadi tradisi di Kota kelahiran Presiden ke-3 RI, BJ Habibie.

“Sulawesi Selatan ini sudah dikenal sebagai buminya ulama, terkhusus Kota Parepare yang tidak lepas sebagai kota santri dan ulama,” ungkap walikota bergelar doktor hukum ini.

Lebih lanjut Taufan menegaskan, kepada panitia penyelenggara agar membuat perencanaan dan menganggarkan, serta melaksanakan secara implementasi proses MTQ tersebut.

“Saya tidak mau event Islami ini dibuat asal-asalan. Ada beban moril yang melekat dalam diri kita, dimana Parepare sebelumnya telah membuktikan mampu menjadi tuan rumah STQ tingkat provinsi yang dilaksanakan tahun lalu. Kali ini, kita ingin kembali membuktikan diri pada MTQ tingkat Provinsi,” harap Taufan.

Taufan meminta kepada dewan hakim untuk melakukan penilaian secara objektif. Guna menghasilkan peserta yang dapat ditempatkan sebagai generasi mampu menjaga Alquran.

“Ini adalah semangat pemerintah kota, dengan arah dan identitas yang jelas. Dimana berupaya meningkatkan pembangunan keummatan, agar masyarakat dapat bangga dengan pemerintahnya,” jelasnya.

Terkait lomba MTQ, lanjut Taufan, dirinya akan menjadi menambahkan hadiah berupa uang sebesar Rp 500 ribu, untuk setiap pemenang.

“Rp 500 ribu ini merupakan zakat yang saya keluarkan untuk setiap pemenang,” katanya.

Berita Terkait