Manfaat Susu untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Dalam segelas susu terkandung nutrisi yang lengkap, itu sebabnya tak perlu takut mengonsumsi susu, selama jumlahnya tidak berlebihan. / Ist

Terkini.id, – Susu tidak hanya diminum sebagai menu pelengkap sehari-hari yang kaya manfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi juga bermanfaat untuk kecantikan kulit.

Susu merupakan sumber protein, kalsium, fosfor, mineral, vitamin, kasein. Selain baik untuk kesehatan tulang, gigi dan menetralisir racun, susu juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut.

Manfaat Susu untuk Kecantikan Kulit

Susu bisa membantu mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah

1. Sebagai pembersih dan masker untuk mengangkat sel-sel kulit mati
Susu sangat baik untuk kecantikan kulit, kemampuan uniknya menghilangkan kotoran minyak yang larut dengan bantuan enzim lipase yang larut dalam lemak, mengangkat kotoran dari protein dengan bantuan protease serta sel-sel kulit mati dengan bantuan asam laktat.

Itu sebabnya susu sering direkomendasikan sebagai salah satu bahan yang bisa mencerahkan kulit. Menggunakan susu sebagai bahan pembersih bisa membuat kulit menjadi semakin lembut dan bersinar.

Ambil kapas dan susu lalu usapkan ke wajah, tunggu 5 menit kemudian bilas dengan air. Bisa juga dicampur dengan dua potong pepaya dan dioleskan ke seluruh wajah dan leher sebagai masker. Tunggulah beberapa menit lalu bilas dengan air dingin.

Menarik untuk Anda:

2. Sebagai Pelembap Kulit Kering dan Bibir Pecah-Pecah
Untuk meningkatkan elastisitas kulit kering, bisa menggunakan susu sebagai pelembap alami. Susu bisa membuat kulit kering menjadi lembut dan bersinar.

Ambil dan oleskan susu ke seluruh wajah dan leher dengan bantuan kapas. Diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air dingin.
Bisa juga menambahkan satu sendok makan madu dan jus lemon, kemudian campur menjadi satu. Aplikasikan pada wajah dan leher kemidian tunggu beberapa menit setelah itu bilas dengan air bersih.

3. Sebagai Pencerah Kulit
Susu juga bisa mencerahkan kulit dengan merangsang peluruhan sel-sel kulit berpigmen.

Campurkan dua sendok makan susu, satu sendok madu dan dua sendok air hangat kemudian aplikasikan ke seluruh wajah. Setelah mengering bilas dengan air hangat. Kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral dan protein mampu membuat kulit menjadi cerah dan bersinar.

4. Sebagai Anti-Ageing
Selain mencerahkan kulit, susu juga membantu kulit tetap awet dan mengurangi keriput. Kandungan enzim, protein, mineral dan vitamin di dalamnya berkhasiat baik untuk mempertahankan kulit awet muda.

Ambil satu sendok makan susu dan campur dengan pisang yang telah dihaluskan. Oleskan campuran tersebut ke seluruh wajah dan diamkan hingga 15 menitl lalu bilas dengan air bersih.

5. Membantu Mengecilkan Pori-Pori
Sour cream dan sour milk sebagai produk turunan dari susu dapat membantu mengecilkan pori-pori. Pada dasarnya semua produk susu dapat membantu mengecilkan pori-pori yang besar.

6. Mengatasi Iritasi Kulit Terbakar Matahari
Susu dapat menyejukkan kulit yang terbakar dengan bantuan anti-inflamasi, pelembap, dan bahan lain untuk memperbaiki kulit.
Gunakan butter milk untuk mengatasi kulit iritasi karena terbakar matahari, sensasi dinginnya akan membuat kulit terasa nyaman dan menyembuhkan kulit terbakar.

Manfaat Susu untuk Kecantikan Rambut

Perawatan rambut
Pemakaian masker rambut. (foto: njawar.com)

1. Sebagai Perawatan Rambut Kering dan Kasar
Susu bisa menutrisi rambut dari dalam ke luar sekaligus membuat rambut menjadi halus dan lembut.

Ambil 3 sendok makan susu, setengah buah pisang, satu sendok makan madu dan satu sendok makan minyak zaitun. Blender semua bahan kemudian oleskan ke rambut. Tunggu selama satu jam kemudian bilas sampai bersih.

2. Sebagai Conditioner untuk Rambut
Semprotkan susu ke rambut dengan menggunakan botol semprot kemudian sisir rambut dengan lembut setelah itu tunggu selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

3. Membuat Rambut Berkilau
Susu bisa membantu mengilaukan rambut dan membuat kulit kepala menjadi sehat. Oleskan susu ke seluruh rambut dan diamkan sebentar kemudian bilas dengan air bersih.

4. Sebagai Perawatan untuk Rambut Rontok
Susu bisa dibuat masker untuk rambut rontok. Ambil beberapa tetes susu mentah kemudian campur dengan telur, minyak almond, minyak zaitun, yogurt lalu aplikasikan campuran tersebut ke kulit kepala. Diamkan selama satu jam setelah itu bilas dengan air hangat.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Mengenal Fungsi Hormon yang Mendukung Program Penurunan Berat Badan

Banyak Dijual, Kementerian Kesehatan Minta Jangan Pakai Masker Scuba

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar