Manfaat Tanaman Pacing untuk Kesembuhan Beragam Penyakit

Tanaman Pacing

Terkini.id, – Tanaman Pacing merupakan tanaman herba tegak dengan tinggi sekitar 0.5-3 meter. Daerah pertumbuhannya di tempat-tempat yang lembab dan teduh. Jenis tanaman ini juga dapat ditemukan tumbuh liar di tepi parit, tepi jurang, tanah kosong atau ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan rumah. Pacing memiliki nama ilmiah Costus Speciosus (koenig) yang masuk dalam keluarga Zingberaceae (temu-temuan).

Adapun bentuk daun pacing yaitu tunggal dengan tersusun seperti spiral dan bertangkai pendek memeluk batang. Batangnya berwarna kuning kecoklatan, sebesar jari orang dewasa dan mudah dipatahkan. Warna daunnya pun berwarna hijau dengan bentuk daunnya memanjang sampai lenset, ujungnya runcing dan tepinya rata.

Pada bagian bawah daun terdapat rambut halus. Bunganya duduk dalam bentuk bulir, berukuran besar dan berwarna putih. Buahnya, buah kotak berbentuk telur, warnanya merah berisikan banyak biji. Tanaman ini dapat diperbanyak dengan cara biji atau rimpangnya.

Daun, batang dan rimpang tanaman pacing

Khasiat yang terkandung pada rimpang tanaman tersebut dapat digunakan sebagai peluruh kencing (diuretik), antitoksik, menghilangkan gatal dan peluruh keringat.

Adapun bagiannya yang dapat berfungsi adalah rimpang. Dengan mencucinya hingga bersih kemudian dipotong tipis-tipis, lalu dikukus dan dikeringkan, karena rimpang yang mentah dapat beracun. Rimpang dari pacing ini bersifat sejuk, rasanya masam, pedas, dan sedikit beracun (toksik).

Berdasarkan berbagai pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

– Nephriticedema, air kemih sedikit. Pacing 30 gram, cynanchumpanikulatum digodok, minum;
– Mencegah kehamilan, dengan mengambil rimpang kering 10 gram, ditambah satu buah pace digodok, lalu minum setelah dingin. Dapat diminum setiap hari selama 10 hari setelah haid.
– Digigit ular, pacing 1 batang, dicuci bersih lalu ditumbuk halus, beri air garam 2 sendok makan. Air perasannya diminum, lalu ampasnya untuk menurap luka bekas gigitan kemudian dibalut, sehari 2 kali.
– Eczema, gatal-gatal. Godok pacing secukupnya, untuk cuci-cuci.
– Radang mata, dapat mengambil batang pancing 3 jari, dicuci bersih, lalu ditumbuk halus kemudian diperas dan disaring. Airnya diteteskan ke mata yang sakit, 3-4 kali per hari sebanyak 2 tetes.
– Mencuci dan memperbaiki pertumbuhan rambut, menggunakan batang dan daun muda ditumbuk halus sampai menjadi bubur, satu malam diembunkan, pakai untuk mencuci dan memperbaiki pertumbuhan rambut.
– Perut busung (ascites) dan bengkak (edema). Umbi yang berwarna merah dilumatkan dan dibungkus dengan kain sutera, ikat di pusar. Penyakit akan keluar berikut air kemih.
– Pengerutan hati(cirrhosis), batu rejan (pertusis) dan infeksi saluran kencing. Rimpang kering 3-10 gram digodok, diminum.

Perhatikan bagi wanita hamil dan pasien dengan pencernaan lemah dilarang pakai ramuan ini. Adapun efek samping dari rimpang mentah beracun, kelebihan dosis akan menimbulkan gejala muntah, mencret dan pusing.

Bila terjadi gangguan tersebut dianjurkan untuk mengunyah 6gram kayu manis (glycrrhizauralensis) dan telan sarinya.

Komentar
Terkini
Health

Sembuhkan Sakit Flu dengan Obat Alami Ini

Terkini.id, - Memasuki bulan puasa, kondisi tubuh yang tidak terlalu fit mudah sekali terkena sakit flu. Tubuh menjadi tidak nyaman dan pekerjaanpun terganggu. Dalam