Manfaatkan peluang, alumni Polbangtan Gowa kembangkan usaha jamur tiram di Toraja

Petani Milenial Polbangtan Gowa

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangta) Gowa, semenjak berubah menjadi pendidikan tinggi vokasi memiliki peran strategis dan berada di garda terdepan dalam mendidik dan melahirkan generasi milenial yang handal dengan semangat juang tinggi.

Melalui Program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP), 3 alumni Polbangtan Gowa, Andi Mucthar S, Tr.P dan Sulamit Bura Mika, S.Tr.P, asal Kab. Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan mengembangkan usaha budidaya jamur tiram, “Mushroom Milenial”.

Sejak menyelesaikan kuliah di Polbangtan Gowa, mereka serius untuk menggeluti bidang usaha ini. Sudah banyak contoh yang kami lihat dan itu berhasil, hanya saja itu didaerah lain. Didaerah kami di Toraja, usaha ini masih terbilang kurang. Itu peluang bagi kami.

Modal awal kami Rp. 13 juta sudah termasuk Kumbung dan baglognya + tenaga kerja. Keuntungan awal yang didapat dari hasil penjualan selama seminggu Rp. 1.500.000, bila ditotalkan selama sebulan Rp. 6.000.000. Jamur tiram ini kami pasarkan ke masyarakat Tana Toraja dan cukup diminati. Kami berharap agar permintaan makin meningkat sehingga akan berpengaruh ke keuntungan, jelas Sulamit.

Dengan merencanakan strategi pemasaran jamur tiram segar secara matang, diharapkan penjualan produk jamur kami bisa semakin meluas hingga menjangkau pasar yang lebih luas, dan itu terus kami pelajari bersama tim.

Masyarakat Toraja juga sudah mengkomsumsi jamur karena tau akan manfaatnya seperti Meningkatkan daya tahan tubuh, Menurunkan kolesterol, Membantu mencegah kanker, Sumber vitamin B3, Kaya antioksidan, Meningkatkan kolagen, Menjaga kesehatan tulang dan saraf, Mengatasi infeksi saluran pernapasan,” pungkas Muchtar. (MUZ).

Komentar

Rekomendasi

Keren, Mahasiswa Hukum UMI Wakili Indonesia di Forum Internasional AYIMUN

Maxilla 2003 Meriahkan Dies Natalis FKG Unhas, Intip Keseruannya

KSR PMI Akper Anging Mammiri Peringati Hari Lahir ke-16

Mahasiswa UNM ini Ingin Gagas Promosi Wisata Barru dengan Animasi Powtoon

Polbangtan Gowa gelar workshop mahasiswa untuk implementasi Aplikasi SmartCampus

Lutfi Halide bakar semangat mahasiswa Polbangtan Gowa untuk jadi petani milenial

Direktur Polbangtan Gowa bersama Staf Khusus Mentan lakukan video conference ke AWR Kementan

Pameran Perguruan Tinggi Swasta, STIK Tamalatea Makassar Tampilkan Keunggulan Kampus

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unhas Bakal Gelar ‘Kosmik Space’, Ini Ragam Kegiatannya

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar