Manfaatkanlah Google Bisnisku untuk Memandu Anda Menjadi Sukses Berbisnis

Google My Business (Sumber : autotekno.sindonews.com)

Terkini.id, – Google Bisnisku salah satu fasilitas bisnis yang disediakan oleh Google untuk memperjelas dan dengan gamblang menampilkan alamat dan profil bisnis Anda. Pelanggan atau pembeli akan langsung datang ke tempat bisnis Anda dengan panduan Google Bisnisku.

Google Bisnisku merupakan fasilitas dari Google, digunakan oleh bisnis dan organisasi untuk menampilkan dan mengelola profil online mereka di Google.

Tempat bisnis/organisasi akan dimunculkan Google di penelusuran (Google Search) dan peta (Google Maps).

Tampilannya akan seperti contoh di bawah ini

Google Bisnisku

Contoh: Catering Kita Bali sudah menggunakan Google Bisnisku dan terverifikasi oleh Google, beginilah tampilannya di Google bila pengguna mencari sebuah bisnis bernama Catering Kita Bali. Seperti gambar di bawah, fasilitas Google Bisnisku tercantum di area nomor 1 dan 3.

Cara Mendaftar
Anda cukup klik di sini https://www.google.co.id/bisnisku, ikuti tahapannya hingga Google akan mengirimkan PIN sebagai verifikasi alamat bisnis Anda. Setelah terverifikasi alamat bisnisnya maka Anda bisa mengisi segala informasi tentang bisnis dalam Google Bisnisku. Mulai dari deskripsi bisnis, tagline, foto, jam buka tutup, alamat email, url website, interaksi dengan pelanggan (review), posting teks dan gambar untuk informasi umum, promo, event dan mencantumkan produk-produk bisnis Anda.
Dengan cara ini Anda dapat membantu pelanggan menemukan bisnis Anda dengan mudah.

Manfaat yang bisa Anda peroleh dari menggunakan Google Bisnisku

– Google Bisnisku Meningkatkan Rangking Lokal di Google Search
Google membantu bisnis lokal untuk muncul terlebih dahulu dalam fasilitas penelusuran (Google Search). Tampil dalam kotak dengan 3 informasi bisnis lokal. Baru kemudian di bawahnya tampil daftar-daftar website. Manfaatkanlah dengan segera mendaftarkan bisnis Anda, lengkapi informasinya disana dan Google akan do something memunculkan bisnis Anda. Akan menjadi sangat membantu untuk UKM-UKM di Indonesia

Baca :Deal sebenarnya dengan kartu MisterDEALS

– Keuntungan gunakan Google Bisnisku untuk menarik pelanggan baru:

1. Google Bisnisku Gratis!
Cukup gunakan satu akun gmail dan Anda bisa mendaftarkan bisnis ke Google Bisnisku. Pihak Google akan verifikasi dengan mengirimkan PIN melalui postcard. Pastikan alamat bisnis Anda benar. Ketika sudah verified, Anda bisa mengelola dan menampilkan bisnis Anda secara gratis. Semua fitur dan fasilitas didalamnya pun gratis. Anda bisa kelola 100 profil bisnis dalam 1 akun gmail!.

2. Membantu Konsumen Menemukan Alamat Fisik Bisnis Anda.
Bisnis Anda akan tercantum secara resmi di peta (Google Maps). Peta tersebut salah satu fasilitas dalam Google Bisnisku. Semua orang sudah tahu cara operasionalkan Google Maps. Google Bisnisku akan merekam permintaan peta ini dan menyajikan nya sebagai statistik untuk Anda.

3. Tampilan Lebih Baik di Google Search.
Tampilan ketika orang mencari di Google adalah: muncul daftar website sebagai hasil dari Google Ads, kemudian box berisi 3 perusahaan (inilah Google Bisnisku), dan dibawahnya daftar website yang muncul secara organik. Box ini ditampilkan menarik oleh Google. Ada informasi alamat, jam buka tutup, jumlah review, sehingga menimbulkan rasa ingin klik lebih besar.

4. Google Bisnisku Menampilkan Informasi yang Berguna.
Google Bisnisku memberikan fasilitas update informasi sehingga akan cepat muncul di hasil pencarian. Pengguna akan segera tahu dan Google akan do something pada bisnis Anda. Pengguna akan melihat data-data bisnis Anda meliputi: Jam operasional, petunjuk arah (direction), alamat website, photo, tombol telpon, deskripsi bisnis, posting update promo, event dan produk. Kemudian tampil pula testimonial dari para pelanggan yang akan menambah keyakinan untuk bisnis Anda.

Baca :22 trik rahasia ini buktikan google bukan cuma mesin pencari

5. Menambah Saluran (channel) Sales Marketing.
Semenjak Google memunculkan bisnis lokal, otomatis profil bisnis Anda di Google Bisnisku ibarat toko ke 2. Manfaatkan fasilitas update posting promo, event dan produk didalamnya untuk display segala kegiatan bisnis Anda.

6. Mendapatkan Wawasan dari Fasilitas Analitik.

Google Bisnisku

Ada fasilitas bernama Analisis (Insight) yang menampilkan informasi asal kunjungan, jumlah kunjungan, tindakan yang dilakukan oleh konsumen (berkunjung ke website/minta petunjuk arah/telpon). Dengan mengetahui data analitik tersebut, Anda bisa atur strategi kampanye yang terbaik bagi bisnis Anda.

7. Fasilitas Ulasan (Review).
Bisnis bila semakin banyak diperbincangkan secara positif akan menciptakan tingkat kepercayaan tinggi bagi konsumen. Manfaatkan fasilitas ulasan (review) ini dengan meminta pelanggan Anda mengisi nya. Kemudian Anda membalas nya. Semakin banyak ulasan Google will do something untuk bisnis Anda!

8. Bisa Diakses Gunakan Smartphone.
Anda bisa download aplikasi Google Bisnisku melalui Appstore atau Google Play. Cukup dari genggaman Anda bisa update dan kelola bisnis Anda. Harusnya semakin mudah penggunaannya.

– Bagaimana Google Menentukan Rangking Lokal?
Hasil rangking di Google untuk Google Bisnisku didasarkan terutama pada relevansi (Relevance), jarak (Distance), dan ketenaran/keunggulan (Prominence). Faktor-faktor ini digabungkan untuk membantu menemukan kecocokan terbaik untuk hasil pencarian konsumen.

Misalnya, algoritma Google mungkin memutuskan bahwa bisnis yang lebih jauh jaraknya dari lokasi konsumen lebih cenderung memiliki apa yang dicari daripada bisnis yang lebih dekat, dan oleh karena itu memberi nya peringkat lebih tinggi daripada yang berjarak dekat.

Baca :Google Kena Denda Gara-gara Android, Nilainya Fantastis

– Relevansi (Relevance).
Relevansi mengacu pada seberapa baik cantuman lokal sesuai dengan yang dicari konsumen. Menambahkan informasi bisnis yang lengkap dan terperinci dapat membantu Google lebih memahami bisnis Anda dan mencocokkan daftar Anda dengan penelusuran yang relevan.

– Jarak (Distance).
Google bisa membaca lokasi konsumen. Sehingga akan memberikan profil Google Bisnisku yang dekat dengan konsumen di hasil pencarian. Jika konsumen tidak menentukan lokasi dalam pencarian mereka, Google akan menghitung jarak berdasarkan apa yang diketahui tentang lokasinya.

– Ketenaran/Keunggulan (Prominence)
Keunggulan mengacu pada seberapa terkenal suatu bisnis. Beberapa tempat lebih menonjol di dunia offline, dan hasil pencarian mencoba untuk mencerminkan hal ini di peringkat lokal. Misalnya, warung terkenal, museum terkenal, hotel terkenal, atau merek toko terkenal yang akrab bagi banyak orang juga cenderung menonjol dalam hasil penelusuran lokal.

Keunggulan juga didasarkan pada informasi yang Google miliki tentang bisnis dari seluruh web (seperti tautan/link, artikel, dan direktori). Jumlah dan skor peninjauan Google diperhitungkan dalam peringkat pencarian lokal: lebih banyak ulasan dan peringkat positif mungkin akan meningkatkan peringkat lokal bisnis. Posisi Anda dalam hasil web juga merupakan faktor, jadi praktik terbaik SEO juga berlaku untuk pengoptimalan penelusuran Google Bisnisku.

Tidak ada bayaran bagi Google untuk menentukan peringkat lokal dalam Google Bisnisku. Google melakukan yang terbaik untuk menjaga rincian algoritma penelusuran tetap rahasia agar sistem peringkat seadil mungkin bagi semua orang.

Teruslah update dan memperkaya informasi bisnis Anda, Google will do something untuk Anda.

BOC Indonesia