Mappacci Itu Beda dengan Tradisi Siraman Orang Jawa

Mappasili anak Nurdi Abdullah

SEDIKIT penjelasan saya kepada mereka yang masih menyamakan antara siraman (tradisi orang Jawa) dengan mappacci dalam tradisi Bugis-Makassar.

Mappacci itu adalah salah satu upacara yang dilangsungkan sebelum acara akad nikah berlangsung.

Mappacci sebetulnya berasal dari kata mappaccing.

Kata ‘mappaccing’, berasal dari kata ‘paccing’, yang berarti bersih.

Jadi upacara ini adalah proses pembersihan diri, baik jasmani maupun rohani, sebelum melayarkan bahtera rumah tangga agar selamat sampai tujuan.

Sedangkan siraman dalam tradisi di Jawa, di kita lebih dikenal dengan istilah mappassili, yaitu upacara mandi yang diadakan sebelum mappacci.

Passili berasal dari kata pohon passili, daun passili ini diambil dan direndam di air bersama bunga-bunga dan rempah patang pulo (rempah berjumlah 40 macam).

Daun passili inilah yang dipakai ‘Sanro’ untuk dipercikkan ke calon pengantin sebelum upacara dimulai, dan daun passili ini pulalah yang dipakai untuk memercikkan kepada gadis-gadis jika upacara passili selesai.

Itu dilakukan sebagai simbol agar gadis tersebut terbuka pula jodohnya.

Upacara ini dimaksudkan sebagai pembersihan diri dengan membuang kotoran dalam diri calon pengantian baik jasmani maupun rohani.
Dalam tradisi ini, disyaratkan calon pengantin menggunakan pakaian yang bersih kalau bisa yang baru.

Baca :Ini budaya dan ritual aneh lain daripada yang lain

Tradisi ini dipimpin oleh seorang ahli atau sanro botting, sambil berdoa dan menyirami air di sekujur tubuh calon pengantin diiringi dengan musik “ganrang passili”.

Sesudah itu, satu demi satu keluarga dan orang-orang terpandang diundang untuk menyiraminya dengan air dari ujung kepala sampai ujung kaki..

Penyiraman itu sambil meniatkan membuang kesialan dalam tubuh calon penganting, sesudah itu semua pakaian yang dipakai mulai dari pakaian dalam sampai yang di luar dikeluarkan lalu diberikan kepada sanro yang memimpin upacara sebagai simbol membuang kotoran dan kesialan dalam tubuh calon pengantin.

Berita Terkait