Marine Buddies Makassar ajak Traveler nikmati kawasan konservasi secara bijak

Marine Buddies Makassar
Marine Buddies Makassar mengadakan Talk Show Teman Taman Laut di Mall Ratu Indah Makassar

Terkini.id, Makassar – Traveler harus tahu dan paham bagaimana menjaga Wilayah Konservasi, hal itu diungkapkan Koordinator Marine Campaign WWF, Dwi Aryo kala berbincang dalam Talkshow Teman Taman Laut yang diadakan Marine Buddies Makassar di MaRI Arcade, Mall Ratu Indah. Sabtu 12 Mei 2018.

“Wilayah konservasi berbeda dengan wilayah wisata lainnya, sebab masih terjaga dengan baik,” ucap Dwi Aryo.

Ia melanjutkan bahwa perbedaan ini yang tidak dipahami oleh kebanyakan orang, atau traveler sehingga tidak bijak dalam menikmati keindahan wisata wilayah konservasi.

Menurit Dwi Aryo, ada 3 hal yang perlu diperhatikan jika berkunjung ke wilayah konservasi yakni, sensifitas terhadap satwa, sensifitas terhadap lingkungan dan juga sensifitas terhadap masyarakat sekitar.

“Jadi mari lebih peka, utamanya untuk tiga hal tersebut,” himbau Dwi Aryo.

Teman Taman Laut
Talk Show Teman Taman Laut

Menarik untuk Anda:

Dosen Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin yang juga hadir pada Talk Show tersebut, Ahmad Bahar juga membenarkan perkataan Dwi Aryo.

Menurutnya kini berwisata sudah melenceng dari esensinya, berwisata bukan lagi untuk dinikmati dan berbagi.

“Sekarang berwisata hanya untuk ambil gambar, padahal rekreasi tujuannya untuk fresh kembali,” ujar Ahmad.

Ahmad bahkan mengungkapkan bahwa berdasarkan data yang ada, di Sulawesi Selatan kini sudah tidak ada lagi terumbu karang yang dikategorikan sangat bagus, yang ada hanya bagus dan juga tidak bagus.

“Maka dari itu, bagi traveler, jadilah traveler yang baik dan bertanggungjawab,” tandasnya.

Sosmed Influencer, Dimas Prakoso mengimbau kepada seluruh peserta yang hadir untuk ikut terlibat dalam menjaga wilayah konservasi, menurutnya sosial media memiliki kekuatan yang besar untuk memberikan pengaruh.

“Setidaknya dalam mengunggah sesuatu di sosmed bisa mengingatkan kepada para netizen pentingnya menjaga wilayah konservasi,” pungkasnya.

Teman Taman Laut
Marine Buddies Makassar

Makassar sendiri merupakan kota keempat yang menjadi tempat pelaksanaan talkshow Teman Taman Laut ini, dimana sebelumnya telah dilaksanakan di Jakarta, Surabaya dan Medan, kemudian Bali akan menjadi kota kelima keesokan harinya.

Pihak Marine Buddies sendiri memiliki aplikasi yang bisa di download di App Store ataupun di Play Store yang bisa masyarakat gunakan untuk melaporkan hal-hal yang dianggap melakukan perusakan atau penangkapan satwa laut yang dilindungi.

“Semoga aplikasi ini bisa dimanfaatkan, utamanya untuk menjaga kawasan konservasi di Sulawesi Selatan,” tutup Koordinator Marine Buddies Makassar, Abd Muthalib Zakaria.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Upgrade Skill Relawan Pendidikan, RPI Gelar Training of Trainer

Gelar Pekan Literasi, Rumah Baca Pesisir Dorong Semangat Membaca di Masa Pandemi

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar