Ma’ruf Amin Dikabarkan Ditolak Sejumlah Pesantren Gegara Santri Ikut Reuni 212

Ma'ruf Amin. (foto: Instagram @marufaminofficial)

Terkini.id, Garut – Calon Wakil Presiden nomor urut 02, KH Ma’ruf Amin batal berkunjung ke sejumlah pondok pesantren di Garut pada Minggu 2 Desember 2018.

Batalnya kunjungan ke sejumlah pesantren tersebut dibenarkan oleh Wakil Sekretaris PCNU Garut Hilman Basori seperti dilansir dari detikcom.

Ma’ruf Amin sebelumnya dijadwalkan untuk bersilaturahmi ke Ponpes Al-Falah Biru dan Al-Huda Garut.

Ada dua pesantren yang rencananya akan dikunjungi, yakni pesantren Al-Falah Biru dan Al-Huda.

Hilman menegaskan batalnya kedatangan Ma’ruf hari ini tidak terkait adanya penolakan dari sejumlah ponpes. Menurutnya pembatalan ini karena kondisi kesehatan Ma’ruf yang merupakan Mustasyar PBNU itu.

Dikabarkan, kedatangan Ma’ruf Amin ditolak sejumlah pesantren.

Ponpes Darul Muwahhidin menolak kedatangan Cawapres Nomor 2 itu dengan alasan pimpinan ponpes dan seluruh santri sedang ada acara ke luar kota yang sudah teragendakan sejak lama.
Surat penolakan ponpes ini pun sempat viral.

Penolakan kedatangan Ma’ruf juga disampaikan oleh Ponpes Darussalam di Wanaraja. Unsur pimpinan Ponpes dan juga santri pada hari Minggu bertolak ke Jakarta untuk mengikuti reuni 212.

Baca :Hampir Pasti Mahfud MD Cawapres Jokowi, Didaftarkan ke KPU Jumat Malam

Ketua Umum PBNU, Said Aqil mengungkapkan, pihak pondok minta kunjungan itu dijadwal ulang, karena pondok sudah mengagendakan akan menghadiri reuni PA 212, di Jakarta Minggu, 2 Desember2018.

“Penundaan tersebut sudah disampaikan ke PCNU Garut, yang merekomendasikan kunjungan KH Ma’ruf Amin ke Pondok Pesantren Darussalam Wanaraja Garut. Bukan ditolak,” kata KH Said Aqil seperti dilansir dari ngopibareng.id, Sabtu, 1 Desember 2018.