Masjid Kobe di Jepang, Tetap Kokoh Berdiri Meski Pernah Dihantam Bom Atom

Masjid
Masjid Kobe di Jepang. (Foto: ist)

Terkini.id, Makassar – Apabila Anda mengunjungi kota Kobe di Jepang, banyak tempat menarik yang dapat Anda kunjungi seperti pelabuhan dan sebuah distrik kecil dengan rumah-rumah Eropa kuno, Kitano-cho.

Namun tak banyak yang menyadari bahwa di kota tersebut juga terdapat bangunan masjid pertama dan tertua di Jepang yakni Masjid Kobe.

Dihimpun dari berbagai sumber, Masjid Kobe merupakan masjid tertua di Jepang yang dibangun sejak tahun 1928 dan diresmikan pada bulan Oktober 1935.

Masjid yang terletak di di Distrik Kitano, Kobe ini memiliki arsitektur bangunan bergaya Turki tradisional. Arsitek dari masjid tersebut bernama Ceko Jan Josef Svagr.

Nama Kobe dalam bahasa Jepang bermakna Gerbang Tuhan. Pada tahun 1920-an ketika umat Islam di Kobe sudah semakin bertambah, akhirnya diputuskanlah untuk membangun sebuah masjid.

Menarik untuk Anda:

Masjid ini sempat ditutup oleh Angkatan Laut Kekaisaran Jepang pada tahun 1943, tetapi dibuka kembali hingga sekarang aktif digunakan sebagai masjid.

Saat ini Masjid Kobe dikenal karena merupakan satu-satunya bangunan yang tidak hancur meskipun dihantam oleh Bom dan Gempa.

Pada tahun 1945 saat terjadi Perang Dunia II, setelah Jepang menyerang Pearl Harbour di Amerika, pihak Amerika membalas dengan menjatuhkan bom atom di Nagasaki dan Hiroshima.

Saat itu, Kobe juga menerima serangan bom tersebut yang menyebabkan kota Kobe rata dengan tanah.

Ketika hampir semua bangunan rata dengan tanah, Masjid Kobe masih tetap berdiri tegak dan hanya mengalami kerusakan yang terlalu berarti.

Masjid Kobe dapat selamat dari hantaman bom atom karena struktur dan ruang bawah tanahnya yang kuat.

Tak hanya selamat dari hantaman bom atom, masjid ini juga selamat dari gempa besar yang melanda wilayah Hanshin pada 1195, silam.

Saat itu, gempa dahsyat berkekuatan 7.3 skala richter tersebut juga ikut mengguncang Kota Kobe. Gempa itu meratakan ratusan ribu bangunan, namun Masjid Kobe tetap kokoh berdiri.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Ramalan Shio Hari Ini, Monyet Pembawa Energi dan Antusiasme yang Dinamis.

Mengenal Mbah Sarikem, Perempuan Tertua Asal Sragen Berusia 1,1 Abad

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar