Ini dia maskot piala dunia sejak 1966

maskot piala dunia
maskot piala dunia

Terkini.id – Piala dunia 2018  segera bergulir. Pekan lalu persiapan terakhir tim-tim peserta Piala Dunia 2018 melalui uji coba internasional telah selesai. Sebanyak 32 tim akan terlibat dalam pagelaran terbesar olahraga sepakbola tersebut.

Banyak hal tentunya yang akan menjadi perhatian kegiatan 4 tahunan ini. Bukan hanya tentang pertandingan, namun diluar dari itu akan banyak hal yang akan selalu diingat para pecinta sepakbola.

Salah satu yang akan menjadi daya tarik adalah maskot piala dunia. Melalui jajak pendapat yang dilakukan FIFA, Zabivaka terpilih menjadi maskot piala dunia 2018 di Rusia. Seekor serigala lucu dengan kacamata.

Maskot dalam pagelaran piala dunia pertama kali muncul dan digunakan pada piala dunia tahun 1966 di Inggris. Sejak saat itu setiap pelaksanaan, piala dunia selalu menyertakan maskot sebagai salah satu ciri khasnya.

Berikut maskot piala dunia yang telah digunakan sejak tahun 1966 :

  1. Willie (Inggris 1966)

Menarik untuk Anda:

Maskot pertama Piala Dunia adalah Willie, seekor singa yang merupakan lambang dari kerajaan Inggris. Willie menggunakan kostum union jack dengan bertuliskan WORLD CUP di tengahnya.

  1. Juanito (Meksiko 1970)

Juanito adalah seorang anak kecil yang menggunakan kostum Meksiko, di kepalanya terpasang topi khas Meksiko yakni Sombrero dengan tulisan ‘MEXICO 70’

  1. Tip and Tap (Jerman Barat 1974)

Tip and Tap adalah dua orang anak dengan kostum putih bertuliskan WM 74, tulisan WM tersebut merupakan singkatan dari Weltmeisterschaft yang berarti Piala Dunia dan angka 74 sebagai tahun pelaksanaannya.

  1. Gauchito (Argentina 1978)

Gauchito merupakan anak laki-laki dengan menggunakan kostum khas tim nasional Argentina, motif garis dengan warna biru dan putih. Gauchito juga mengenakan topi bertuliskan ARGENTINA 78, serta mengenakan syal dileher dan membawa cambuk, menggambarkan ciri khas orang Gaucho di Argentina.

  1. Naranjito (Spanyol 1982)

Naranjito adalah maskot pertama yang memakai buah sebagai corak utama, Naranjito sendiri adalah buah jeruk, yang melambangkan buah khas dari negara tersebut. Naranjito menggunakan kostum timnas Spanyol dan memeluk bola.

  1. Pique (Meksiko 1986)

Penamaan Pique berasal dari bahasa Spanyol ‘picante’ yang berarti rempah-rempah dan saus. Pique sendiri merupakan karakter tanaman khas dari Meksiko yakni lada jalapeno yang menggambarkan karakteristik masakan khas Meksiko. Dalam tampilannya Pique menggunakan topi Sombrero dan memiliki kumis panjang yang melengkung.

  1. Ciao (Italia 1990)

Ciao berasal dari bahasa Italia, kata ini biasanya sering digunakan oleh masyarakat Italia untuk saling bertegur sapa. Karakter Ciao menggambarkan seorang pemain stick figure, seluruh tubuhnya berwarana bendera Italia dengan kepala bola.

  1. Striker (Amerika Serikat 1994)

Striker adalah karakter seekor anjing peliharaan yang umum dan populer di Amerika Serikat. Sosok Striker menggunakan kostum berwarna merah, putih, biru dan bertuliskan USA 94.

  1. Footix (Prancis 1998)

Karakter Footix adalah seekor ayam jantan yang merupakan salah satu simbol nasional Prancis. Kostum Footix didominasi warna biru yang merupakan kostum kebesaran timnas Prancis dan bertuliskan FRANCE 98.

  1. Ato, Kaz and Nik (Korea-Jepang 2002)

Ato, Kaz dan Nik merupakan tiga makhluk hasil rekayasa komputer berwarna orange, ungu dan biru. Mereka bertiga adalah tim sepakbola dari tim atmoball dimana Ato adalah seorang pelatih sedangkan Kaz dan Nik adalah pemain.

  1. Goleo dan Pille (Jerman 2006)

Goleo merupakan karakter seekor singa yang mengenakan kostum kebesaran timnas Jerman, dan di dadanya bertuliskan angka 06 yang menandakan tahun pagelaran. Sementara Pille adalah sebuah bola yang dapat berbicara. Pille sendiri adalah penyebutan sehari-hari untuk sepakbola oleh warga Jerman.

  1. Zakumi (Afrika Selatan 2010)

Zakumi adalah sosok macan tutul dengan warna dominan hijau dan emas yang merepresentasikan warna kebesaran timnas Afrika Selatan. Nama Zakumi sendiri berasal dari kata ‘za’ yang merupakan kode untuk Afrika Selatan dan ‘kumi’ yang memiliki arti sepuluh.

  1. Fuleco (Brazil 2014)

Fuleco adalah karakter armadillo, sejenis hewan omnivora yang banyak hidup di wilayah Amerika Latin. Asal kata Fuleco sendiri adalah ‘futebol’ yang berarti sepakbola dan ‘ecologia’ yang berarti ekologi.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Ini Arahan Tito Karnavian untuk Pilkada Serentak di Sulawesi Selatan

HUT ke-17 Terkini.id, ‘From 1 to 100’

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar