Matsama Siswa Madrasah Aliyah Bontorita Berbagi Beras ke Kaum Duafa

Dg Salle, salah seorang warga yang dikunjungi rumahnya oleh siswa MA Bontorita mengaku sangat terbantu dengan kegiatan aksi peduli kaum dhuafa dari siswa baru itu.

Terkini.id, Takalar – Masa orientasi siswa baru di lingkup Kementrian Agama disebut Matsama atau masa ta’aruf siswa madrasah. Kegiatan ini serentak digelar oleh sekolah di Kabupaten Takalar khususnya, selama tiga hari yang dimulai sejak hari Senin sampai Rabu, 15 – 17 Juli 2019.

Sekolah Madrasah Aliyah (MA) Bontorita melaksanakan Matsama dengan mengusung tema “Melalui kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah; Kita Bangun Kecerdasan Intelektual dan Sosial Siswa yang Mandiri, Kreatif, dan Berakhlakul Karimah”.

Siswa Madrasah Aliyah Bontorita berbagi beras ke kaum duafa

Yang menarik dari Matsama yang dihelat di Madrasah Aliyah (MA) Bontorita adalah siswa diajarkan kepedulian sosial terhadap sesama. 100 siswa yang mengikuti orientasi sangat bersemangat mengikuti kegiatan yang disebut Gerakan Sedekah Beras untuk Kaum Duafa.

Dari 100 orang siswa baru dibagi kedalam 10 kelompok. Selanjutnya setiap kelompok mendatangi rumah warga dengan membawa bungkusan beras. Warga miskin di sekitar sekolah pun merasa terbantu dengan kegiatan tahunan itu.

Ketua Panitia Matsama, Sitti Jumriani mengatakan bahwa peserta sangat bersemangat melakukan kegiatan ini.

“Para peserta siswa sangat bersemangat dan lewat kegiatan ini kita berharap bisa lahir sifat peduli terhadap sesama,” ujar Jumriani guru kimia alumni kampus UNM ini, saat diwawancari via online 17 Juli 2019.

Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan MA Bontorita, Muh Aksin Suarso berharap bisa menjadikan kegiatan ini sebagai agenda rutin dengan melibatkan siswa. Ia menegaskan, kepedulian harus dihadirkan dalam diri siswa sejak dini.

“Karena rasa peduli yang mesti digenjot untuk menjadikan kita kuat,” ujarnya.

Komentar
Terkini