Mau Mudik Lebaran Sering Mual di Jalan, Atasi dengan Cara Ini

Ilustrasi : Mudik lebaran

Terkini.id, – Lebaran sebentar lagi, waktu untuk mudik lebaran menjadi sesuatu yang dinantikan bagi mereka yang merantau dan bekerja di perkotaan. Kembali ke kampung halaman dan bertemu keluarga besar menjadi sebuah rutinitas tahunan yang dirindukan menjelang idul fitri.

Mudik lebaran bisa dilakukan dengan menggunakan moda transportasi yang diinginkan. Ada yang menggunakan kendaraan pribadi, bis, kereta, kapal hingga pesawat terbang.

Beberapa orang sering merasa keberatan untuk mudik lebaran, bukan karena tidak ingin bertemu keluarga tetapi sering mengalami mabuk dalam perjalanan. Menempuh perjalanan panjang untuk mudik menjadi sesuatu yang melelahkan dan menjadi berat ketika dibayangkan.

Mengatasi rasa mual atau mabuk dalam perjalanan bisa dibantu dengan beberapa tips berikut seperti melansir dari hellosehat:

1. Alihkan Pandangan Ke Arah Kejauhan
Cara ini bisa membantu mengatasi rasa ingin muntah karena mual di dalam perjalanan. Mengarahkan mata dengan memandang objek yang jaraknya agak jauh akan membantu menghilangkan rasa mual dan pusing saat menempuh perjalanan mudik.

2. Hindari Menatap Layar Gadget dan Jangan Baca Buku
Menatap layar gadget atau membaca buku sering dilakukan selama dalam perjalanan untuk mengatasi rasa bosan. Alih-alih bisa mengatasi bosan, cara ini malah menjadi pemicu rasa mual di dalam perjalanan. Kepala merasa pusing dan dorongan untuk muntah lebih cepat terjadi ketika kepala banyak menunduk menatap layar smartphone atau membaca buku.

Mendengarkan musik atau berusaha untuk tidur merupakan cara yang efektif untuk mengatasi kebosanan dalam perjalanan mudik.
[/caption]

Mendengarkan musik dalam perjalanan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mual dalam perjalanan

3. Cari Posisi Duduk yang Nyaman
Jika mudik lebaran dengan kendaraan pribadi, carilah posisi yang nyaman untuk mengatasi mabuk perjalanan. Duduk di depan atau duduk di kursi agak di depan merupakan posisi yang baik untuk mereka yang mudah mual dalam perjalanan. Sebaiknya hindari duduk dikursi belakang karena posisi tersebut akan lebih banyak gerakan terasa ketika mobil menikung atau melewati tanjakan dan turunan.

Duduklah senyaman mungkin menjadi cara utama menghilangkan mual saat mudik ketika menggunakan mobil menempuh perjalanan mudik.

Jika harus mudik dengan kapal laut, duduk di kabin depan atau tengah bisa jadi pilihan demikian juga jika memilih naik pesawat, pilihlah kursi di bagian depan, sebelum sayap pesawat.

Jika memilih mudik naik kereta api, pilihlah kursi yang menghadap ke depan sesuai arah keberangkatan dan didekat jendela.
Selama menempuh perjalanan upayakan duduk bersandar ke jok dengan posisi kepala tidak menunduk. Jika harus duduk di kursi belakang, hal yang harus dihindari adalah menatap kursi yang ada di depan terlalu lama.

4. Menguyah Cemilan Setelah Buka Puasa
Mengunyah atau makan setelah berbuka puasa dengan cemilan seperti biskuit, atau buah-buahan bisa membantu mengatasi rasa mual. Hindari mengonsumsi makanan berat selama dalam perjalanan karena akan membuat rasa mual dan rasa mabuk semakin berat.

5. Seringlah Mengobrol
Cara ini akan cukup efektif mengatasi rasa mual dan mabuk dalam perjalanan karena pikiran akan teralihkan kea rah pembicaraan apalagi jika yang diobrolin sesuatu yang menyenangkan dan bisa membuat tersenyum dan tertawa. Perasaan akan terasa nyaman dan rasa mual menjauh.

Semoga bermanfaat dan menjadikan perjalanan Anda untuk mudik lebih menyenangkan dan dimudahkan. Selamat Mudik!

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Travel

Tempat Wisata Bogor yang Mengasyikkan

Terkini.id, Bogor - Bogor dan sekitarnya memang memiliki pesona tempat wisata tersendiri, apalagi jika itu berkaitan dengan kawasan puncak. Kawasan tersebut seringkali dijadikan sebagai