Mau Turunkan Berat Badan 2 Kg Perminggu, Diet DEBM Bisa Jadi Pilihan

Tips miliki berat badan ideal

Terkini.id, – Banyak cara untuk menurunkan berat badan salah satunya dengan melakukan diet atau berpantang makanan tertentu. Jenis diet pun beragam, tinggal menyesuaikan mana yang cocok untuk diterapkan dalam diri.

Salah satu diet yang lagi nge-trend adalah diet DEBM. DEBM sendiri adalah kepanjangan dari Diet Enak Bahagia Menyenangkan.
Berbeda dengan diet lainnya, DEBM ini bisa tetap makan enak setiap saat tanpa harus olahraga atau minum obat diet.

Bagaimana Metode Diet DEBM ?
Diet Enak Bahagia Menyenangkan (DEBM) adalah diet yang diperkenalkan oleh Robert Hendrik Liembono. Seorang yang sukses menjalankan diet dan berhasil menurunkan berat badan dari 107 kilogram menjadi 78 kg.

Keberhasilannya menjalankan diet ini dituangkan dalam buku yang ditulisnya dan berhasil membuat berat badan banyak orang turun drastis.

Robert sendiri bukanlah dokter kesehatan atau ahli gizi, kiat suksesnya menurunkan berat badan berkat pengalaman pribadinya yang dialaminya dari hasil ilmu yang dia peroleh di dunia maya. Metode diet yang dibuatnya mendapatkan respon positif banyak orang.

Diet DEBM tidak membiarkan orang menjadi sengsara saat menjalankan diet. Mereka yang menjalankan diet bebas untuk makan-makanan enak sebanyak yang mereka mau asalkan sesuai dengan prinsip-prinsip diet DEBM.

Metode diet ini rendah karbohidrat tetapi tinggi protein dan lemak. Diet ini menekankan untuk pengurangan asupan karbohidrat seminimal mungkin.

Kebutuhan energi yang biasanya didapatkan tubuh dari karbohidrat digantikan oleh makanan yang tinggi protein dan lemak yang bisa dimakan pada pagi dan malam hari.

Peserta diet ini tidak dilarang untuk makan-makanan yang berlemak sehingga proses tubuh mendapatkan kalori dari asupan lemak dan protein yang dikonsumsi.

Jadi bisa makan goreng-gorengan, daging yang belemak dan makanan enak lainnya. Makanan yang mengandung penyedap rasa, garam dan MSG juga bukan pantangan.

Apa Saja Pantangan Diet DEBM
Diet DEBM pantang untuk mengonsumsi
– Makanan tinggi karbohidrat seperti nasi, pasta, sereal, mi, roti dan makanan bertepung lainnya.
– Makanan dan minuman manis seperti gula, madu, sirup, minuman bergula misalnya soda, teh manis, susu coklat atau jus manis.
– Sayuran yang mengandung pati tinggi seperti kentang, ubi, labu dan bit
– Buah yang mengandung tinggi karbohidrat seperti papaya, pisang, melon dan semangka

Makanan yang Dianjurkan untuk Diet DEBM
Diet DEBM menganjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak dan protein seperti :
– Telur
– Daging sapi, unggas dan sebagainya
– Semua jenis ikan
– Susu dan produk turunannya seperti yogurt, keju, krim dan mentega
– Sayuran yang tidak mengandung pati tinggi seperti wortel, kembang kol, buncis, brokoli, dan sayuran hijau lainnya.
– Buah-buahan tinggi lemak seperti alpukat

Diet DEBM ini menekankan prinsip lebih mengurangi karbohidrat ketimbang protein dan lemaknya dan tidak mewajibkan mengonsumsi banyak lemak, yang terpenting adalah asupan protein hewani.

Apa Efek Samping Diet DEBM
Kekurangan asupan karbohidrat sebagai bahan bakar untuk melepas energi dalam tubuh dalam waktu lama akan memunculkan beberapa reaksi seperti:
– Sakit kepala
– Mual
– Merasa lemas, lesu dan tidak bertenaga
– Sembelit
– Kembung
– Kram otot
– Insomnia
– Bau mulut

Fungsi karbohidrat yang membantu menjaga jumlah protein atau massa otot dalam tubu, ketika berkurang maka tubuh akan mengambil protein sebagai sumber energi. Hal ini dapat menyebabkan jaringan otot menyusut bahkan pecah.

Kekurangan karbohidrat juga dapat menyebabkan jumlah bakteri baik dalam usus menurun yang akan memengaruhi produksi asam lemak rantai pendek dan antioksidan di dalam usus. Kedua senyawa ini sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan usus.

Tetap Jaga Pola Makan dan Olahraga
Menjalankan diet DEBM ini akan menjadi maksimal dan efektif jika disertai olahraga yang cukup dan tetap menjalankan pola makan sehat seimbang.

Ingin mencoba diet DEBM, sebaiknya konsultasikan hal ini dengan ahli gizi terpercaya dan atau dokter.

Berita Terkait
Komentar
Terkini