Mayjen TNI Marga Taufiq Terima Gelar Kedatuan Luwu

Kedatuan Luwu
Mayjen TNI Marga Taufiq Terima Gelar Kedatuan Luwu

Terkini.id, Palopo – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVI Pattimura, Mayor Jenderal TNI Dr. Marga Taufiq SH.,MH menerima gelar Kedatuan Luwu yang dilaksanakan di Istana Kedatuan Luwu, Senin, 12 Agustus 2019.

Menurut Datu Luwu, Andi Maradang Mackulau Opu To Bau, yang didampingi permasuri kedatuan Luwu, pemberian gelar bukan hal baru di Kedatuan Luwu.

Pemberian gelar kedatuan Luwu juga dilakukan apabila menurut penilaian Datu Luwu beserta pemangku adatnya melihat salah seorang anak negeri sudah patut diberikan.

Lanjut Opu Datu, pemberian gelar adat kepada Mayor Jenderal TNI Dr. Marga Taufiq SH., MH bukan sekedar pemberian belaka, melainkan telah lama diamati oleh pihak Kedatuan Luwu, maka sepatutnya diberikan gelar tersebut kepadanya, dalam hasil sidang adat 12 Kedatuan Luwu.

“Pada sidang adat 12 Kedatuan Luwu menetapkan Mayor Jenderal TNI Dr. Marga Taufiq SH.,MH diberi gelar Pekkeng To Rirennuang Ri Luwu artinya Prajurit Harapan Orang Luwu,” jelasnya.

Di kesempatan yang sama Walikota Palopo, Drs. HM. Judas Amir mengungkapkan kebanggaannya dimana keinginan Datu Luwu untuk memberikan gelar kepada anak negeri yang menjabat Pangdam XVI bisa diwujudkan dan berjalan baik.

“Ini sebuah pertanda bahwa masyarakat Tana Luwu masih menjaga nilai-nilai kebersamaan, kesatuan,” ungkap Judas Amir.

Kebesaran Tana luwu juga ke depan akan lebih bersinar pada pelaksanaan Festifal Keraton Nusantara (FKN) XIII tahun 2019 pada September mendatang dimana Kota Palopo akan didatangi ratusan Raja se Nusantara dan Mancanegara.

Sementara Pangdam XVI Pattimura, Mayor Jenderal TNI, Dr. Marga Taufiq SH.,MH menyampaikan rasa terima kasihnya atas penghargaan yang telah diberikan kepada dirinya.

“Sebuah gelar merupakan wujud tanggung jawab bagi putra Tana Luwu. Saya menerima tanggung jawab dan akan siap memberikan inspirasi-inspirasi bagi pemuda-pemuda yang ada di Tana Luwu,” ungkapnya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa saat ini ia sudah berhasil memecahkan mitos yang mengatakan bahwa orang Luwu tidak bisa menjadi Pangdam.

“Selama ini ada mitos yang berkembang bahwa orang Luwu tidak bisa menjabat Pangdam, namun berkat niat baik dan tulus berbakti kepada nusa dan bangsa serta atas izin Allah SWT semua bisa terwujud,” ungkap Marga Taufiq.

Pada penganugerahan gelar kedatuan turut dihadiri permaisuri dan para pemangku adat Kedatuan Luwu.

Turut hadir Wakil Walikota Palopo, Dr. Ir. H. Rahmat Masri Bandaso, Bupati dan Wakil Bupati Luwu, Bupati Toraja Utara, Wakil Bupati Luwu Utara, anggota Forkopimda se Tana Luwu, Ketua DPRD dan anggota DPRD se Tana Luwu, Ketua TP PKK se Tana Luwu, para Pimpinan Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Palopo, serta para camat dan lurah se Kota Palopo.

Komentar
Terkini