Melihat Lorong Warna Warni di Kota Makassar

Warga Jalan Cakalang, Kelurahan Totaka, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar membuat lorong warna-warni

Terkini.id, Makassar – Warga Jalan Cakalang, Kelurahan Totaka, Kecamatan Ujung  Tanah, Kota Makassar membuat lorong warna-warni.  Lorong penuh warna ini juga dilengkapi fasilitas umum dan sosial bagi anak-anak.

Ada kebun sayur, kolam ikan, dan permainan anak. Lorong ini juga diklaim sebagai lorong anti begal, anti narkoba, dan anti seks bebas.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan jika lorong ini merupakan inisiatif seluruh masyarakat. Untuk menciptakan lingkungan bersih, sehat, dan jauh dari kesan kumuh.

“Perubahan pola pikir masyarakat yang sadar dengan inisiasi dan inovasinya membangun lingkungan sendiri kemudian menjaganya insyallah ini menjadi bagian dari  Pemerintahan  ke Kota Makassar,” kata Wali Kota Danny, Jumat 30 November 2018.

Cantiknya Lorong Warna Warni

Untuk membuat lingkungan dan masyarakat lebih aktif, lorong ini dilengkapi dengan pengelolaan bank sampah, lorong bersih sehat, serta  lorong Keluarga Berencana.

“Ini sudah berjalan sejak dulu,” jelasnya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Makassar, Zulkifli menyakini jika lorong dibuat bukan hanya pada fisik semata, melainkan pembinaan dari manusianya juga dilakukan dengan memberi pemahaman pola hidup sehat, menjaga kebersihan dan pergaulan bebas.

Baca :Warga Lapadde minta program peduli lorong Taufan Pawe dilanjutkan

“Kami membuat bukan hanya fisik kita buat, kita benahi tapi juga dari segi manusia dibina, selain bersih hijau, kami juga melakukan pendataan sifatnya program KB, misalnya jumlah pasangan usia subur, jumlah balita, lansia, hingga remaja,” paparnya.

Lorong KB Hingga Lorong Sehat di Makassar

Bahkan lorong tersebut juga diyakini sebagai lorong yang jauh dari perbuatan pelaku kejahatan seperti begal, narkoba hingga seks bebas.

“Kita adakan bimbingan terhadap remaja, bagaimana supaya bisa mengajak temannya berbuat positif. Jauh dari bahaya narkoba, Aids, dan begal,” tegasnya.