Melli Dara, Tradisi Mempersunting Bangsawan Bugis Makassar

Wanita Bugis Makassar
Wanita Bugis Makassar

Terkini.id – Melli Dara yang berarti membeli dara adalah tradisi yang berlaku bagi kaum laki-laki yang berniat mempersunting perempuan yang berasal dari kaum bangsawan bugis dan makassar.

Guru besar Fakultas Ilmu Budaya Univesitas Hasanuddin, Nurhayati Rahman, mengatakan tradisi Melli Dara adalahtradisi yang hanya terjadi pada masyarakat Bugis dan Makassar. “tradisi satu-satunya di dunia,” tutur Nurhayati kepada makassar.terkini.id.

Dalam tradisi ini, pihak laki-laki wajib melipatgandakan jumlah uang yang akan diberikan kepada keluarga pihak perempuan yang akan dipergunakan dalam upacara pernikahan.

Cenning Rara
Wanita Bugis

Sejumlah uang ini, dalam masyarakat Bugis-Makassar dikenal sebagai uang panai. Sebagai contoh, jika uang panai yang disepakati berjumlah Rp 50 juta, maka jumlah dalam tradisi Melli Dara harus menjadi Rp 100 juta atau bahkan lebih.

“Banyaknya ongkos Melli Dara tergantung dari latar belakang perempuan bangsawan yang akan dinikahi,” tutur Nurhayati.

Nilai Melli Dara akan semakin mahal jika perempuan bangsawan tersebut memiliki gelar pendidikan yang tinggi dan pekerja yang terhormat di masyarakat.

Cenning Rara
Wanita Bugis Makassar

Labih lanjut, Nurhayati menuturkan saat ini, syarat Melli Dara tidak hanya berlaku bagi kaum bangsawan Bugis-Makassar. Syarat ini juga berlaku jika seorang laki-laki berniat menikahi anak pejabat pemerintah. Sebab, kata Nurhayati makna bangsawan telah bertransformasi atau mengalami pergeseran makna sosial.

“Saat ini bangsawan tidak hanya berasal dari keturunan raja, seorang pejabat daerah pun memiliki kedudukan yang tinggi dalam masyarakat,”  tutur Nurhayati.

Nurhayati mengatakan, selain melakukan syarat di atas, syarat lain yg tidak kalah penting dimiliki seorang laki-laki adalah memiliki nilai hidup yang terdapat dalam Falsafah Sula Eppa Wala Suji. Yakni memiliki kejujuran, keberanian, kepandaian dan mau bekerja keras.

Panulis : Debra Ayudhistira

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

Kabar Duka, Penyanyi Glenn Fredly Meninggal Dunia

Alhamdulillah, Dua Pimpinan Ombudsman Sembuh dari Covid-19

Berita Baik: Total Pasien Virus Corona Sembuh Hari Ini Tembus 204 Orang

Pintu Pelimpah Bendungan Bili-bili Dibuka, Warga Diminta Tak Beraktivitas di Hilir Sungai Jeneberang

Meninggal akibat Kecelakaan Maut, Ini Rekam Jejak Karir Wakil Jaksa Agung Arminsyah

Ditolak Warga Gowa, Pasien Corona Dikubur di Kompleks Pemakaman Pegawai Pemprov

Kebijakan Iqbal Suhaeb Berubah: Toko di Kota Makassar Bisa Buka Sampai Pukul 12 Siang

Pemerintah Gratiskan Pelanggan Listrik 450 VA, Pelanggan 900 VA Diskon 50 Persen

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar