Memilih Sarapan dengan Buah, Kombinasi Ini Baik untuk Kesehatan Tubuh

Sarapan sehat dengan buah-buahan

Terkini.id, – Sarapan dengan buah-buahan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena buah mengandung serat, karbohidrat kompleks, vitamin dan mineral.

Memilih buah yang cocok untuk sarapan pagi penting untuk diperhatikan karena masing-masing buah memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda dan tidak semua buah bisa sesuai untuk menu sarapan pagi.

Untuk memperoleh hasil maksimal untuk sarapan pagi, mengkombinasikan beberapa buah untuk sekali sarapan bisa memberikan manfaat maksimal untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari hellosehat.com, beberapa kombinasi buah-buahan di bawah ini bisa dijadikan pilihan untuk sarapan pagi dengan fungsinya.

1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Makan buah kiwi dengan kulitnya, manfaatnya sangat baik untuk kesehatan. Sumber : uzone.id

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh sangat baik memilih buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Buah yang tinggi kandungan vitamin C salah satunya adalah jeruk bali merah, kiwi dan stoberi.

Ketiga buah ini bisa dijadikan kombinas untuk sarapan pagi dan tentunya sangat kaya akan manfaat untuk meningkatkan kinerja kekebalan tubuh.

Selain buah di atas, bisa juga memilih mangga, papaya dan nenas untuk menu sarapan pagi. Bisa dibuat salad buah dengan campuran yoghurt atau buat smoothie sehat tanpa gula.

2. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Nanas
Nanas. (foto: eksekutif.id)

Buah yang cocok untuk menjaga sistem pencernaan yang bisa dikombinasikan untuk sarapan pagi adalah ceri, blueberry dan nanas.
Kandungan senyawa antioksidan phenolic banyak terdapat pada buah ceri. Nanas mengandung enzim bromelain dan bluberry kaya akan vitamin A, C dan E dan mengandung senyawa antioksidan yang disebut antosianin yang fungsinya membantu bakteri pencernaan dalam proses metabolisme senyawa antioksidan phenolic.

Ketiga buah tersebut dengan kandungan di dalamnya membantu mencegah peradangan yang menjadi penyebab penyakit pada sistem pencernaan tubuh.

3. Sumber Energi Sepanjang Hari

Alpukat

Memilih buah yang kaya akan karbohidrat sebagai sumber energi sepanjang hari bisa memberikan kekuatan buat tubuh dalam menjalankan aktivitas sepanjang hari.

Kombinasi buah yang cocok adalah pisang, apel dan alpukat. Pisang banyak mengandung karbohidrat, apel kaya akan serat sedangkan alpukat kaya akan lemak sehat. Memilih ketiga buah ini untuk dijadikan menu sarapan akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.
Mengonsumsi secara langsung atau menjadikan smoothie dengan tambahan yoghurt untuk penambah rasa.

4. Untuk Kecantikan Kulit

Pepaya
Pepaya. (foto: lemonilo.com)

Buah yang cocok dikombinasikan untuk menjaga kecantikan kulit adalah pepaya, blackberry dan melon. Pepaya banyak mengandung senyawa yang berfungsi meningkatkan kolagen dan mencegah kerusakan kulit. Blackberry kaya akan antioksidan dan vitamin A dan C. Melon banyak mengandung betakaroten yakni bahan baku vitamin A yang menjaga kehalusan dan kecantikan kulit dan rambut.

5. Untuk Mengurangi Racun dalam Tubuh (Detoksifikasi)

Semangka
Ilustrasi semangka. (foto/klikdokter.com)

Buah yang cocok untuk proses detoksifikasi adalah semangka, goji berry dan lemon. Semangka banyak mengandung air, likopen, vitamin A, C dan senyawa glutathione yang sangat baik untuk membantu proses detoksifikasi. Goji berry kaya akan vitamin A, B, C, E, zat besi dan kolon yang dibutuhkan hati untuk membuang racun dari tubuh.

Tambahkan perasan buah lemon yang kaya akan senyawa antioksidan, antibakteri dan antiviral yang bisa memperkaya kandungan gizi buah semangka dan gojiberry.

Kombinasi ketiga buh ini bisa dibuat jus buah dengan menambahkan mentimun dan peterseli untuk mengurangi kembung.

Memilih kombinasi buah untuk sarapan pagi perlu juga diperhatikan kandungan kalori dan gula. Buah seperti pisang dan mangga kaya akan kalori dan gula. Meskipun mengandung gula alami tetapi tetap perlu memperhatikan asupan gula agar tidak berlebih terutama bagi para penderita diabetes dan mereka yang lagi program diet.

Komentar
Terkini