Memutihkan Kulit Tubuh, Menjadikan Bersih dan Cantik Secara Alami

Saat ini ada banyak klinik kecantikan yang memberikan perawatan pemutihan kulit, hampir setiap hari kepada pasien agar hasilnya tampak lebih cepat. Padahal, perawatan ini sebaiknya hanya dikerjakan satu atau dua kali dalam satu bulan. / Ist

Terkini.id, – Memutihkan kulit menjadi salah satu prioritas banyak wanita Asia untuk menjadi lebih cantik dan menarik. Cara apapun rela dilakukan demi mendapatkan kulit yang putih dan bersinar.

Ada yang melakukan dengan cara instan menggunakan produk yang kecantikan pemutih kulit, ada juga yang melakukan perawatan ke klinik kecantikan bahkan yang lebih ekstrim lagi melakukan suntik pemutih. Semua ini dilakukan hanya karena ingin memperoleh kulit putih dengan cepat.

Bahkan banyak wanita tidak mempertimbangkan biaya dan bahaya yang diakibatkan oleh cara-cara yang ditempuh untuk menjadi putih. Banyak produk kecantikan yang membahayakan kesehatan tubuh karena mengandung bahan kimia berbahaya.

Sebenarnya banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk mendapatkan kulit putih yang bersih dan bersinar. Bahan – bahan tersebut ada di sekitar kita bahkan selalu ditemui di dapur kebanyakan.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan kulit dan bebas dari bahan kimia sehingga aman untuk digunakan.

Menarik untuk Anda:

Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Air Beras

Air beras

Kegiatan menanak nasi adalah hal yang rutin dilakukan di rumah. Nah, kali ini jika ingin mencuci beras, sebaiknya jangan dibuang begitu saja airnya. Cucilah beras seperti biasa pada bilasan ketiga tampunglah air beras dan endapkan. Hasil endapan air beras bisa digunakan untuk lulur mandi alami. Basuh air endapan beras ke tubuh dan tunggu sampai beberapa menit kemudian bilas seperti biasa. Bisa dilakukan untuk wajah dan seluruh tubuh. Beras banyak mengandung asam ferullic serta allantoin yang berfungsi untuk melindungi dan memutihkan kulit.

Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Minyak Zaitun
Kandungan zat linoleic acid dalam minyak zaitun berguna untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam kulit. Slain itu minyak zaitun mengandung banyak anti-oksidan seperti polifenol yang berfungsi melindungi sel-sel dari kerusakan.

Terapkan dengan rutin setiap mau mandi yakni dengan mencampur 4 sdm minyak zaitun dengan 2 sdm madu murni. Gunakan sebagai lulur setiap kali mandi.

Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Lidah Buaya

Lidah buaya, salah satu bahan alami memudarkan dan menghilangkan flek di wajah

Kandungan zat aloesin dalam lidah buaya berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin pada kulit sehingga mencegah kuli menjadi gelap. Dengan demikian lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang baik untuk memutihkan kulit secara alami.

Gunakan setiap kali sebagai lulur mandi, dengan membalurkan gel lidah buaya secara merata ke kulit tubuh kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Putih Telur

Putih telur. (foto/teen.co.id)

Kandungan protein yang tinggi dalam putih telur berfungsi meregenerasi kulit agar sel kulit mati terkelupas dan digantikan sel kulit yang baru dan sehat. Sehingga putih telur merupakan salah satu bahan alami yang baik untuk memutihkan kulit wajah, tangan dan kaki secara alami.

Ambil sebutir telur pisahkan dengan kuning telur kemudian kocok putih telur hingga berbusa. Bisa juga ditambahkan madu dan jeruk nipis. Balurkan sebagai masker ke wajah, tangan dan kaki. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan dengan rutin setiap kali setelah mandi.

Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Lemon

Lemon salah satu bahan alami membantu memutihkan kulit tubuh.

Kandungan zat asam alpha hidroksi dalam lemon berguna untuk menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Selain itu lemon kaya akan anti-iksidan dan vitamin C.

Ambil lemon dan peras kemudian balurkan ke wajah dan tubuh. Biarkan selama beberapa menit kemudian bilas seperti biasa sambil mandi. Ini akan membuat kulit menjadi segar dan merona karena lemon salah satu bahan bleaching alami.

Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Bengkoang

Masker bengkoang. Source : depolinks

Buah bengkoang mengandung banyak vitamin B dan C yang berperan penting untuk memutihkan dan menjaga kulit tetap bersinar. Vitamin C pada bengkoang merangsang sel kulit untuk beregenerasi.

Lakukan masker lulur mandi bengkoang alami ini setiap kali mau mandi. Parut bengkoang lalu peras dengan menggunakan air, sari bengkoang gunakan sebagai lulur mandi. Sedangkan parutan bengkoang gunakan sebagai scrub.

Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Mentimun

Mentimun bahan alami yang membantu memutihkan tubuh

Buah mentimun banyak mengandung mineral dan vitamin penting yang berfungsi menjaga kesegaran kulit sehingga menjadikan kulit cerah dan bersih. Selain itu mentimun mampu menghambat pigmentasi kulit dan menghilangkan lingkar hitam di bawah mata.

Ambil buah mentimun dan blender tanpa air sehingga hasilnya akan seperti jelly, balur ke seluruh tubuh dan diamkan selama 30 menit kemudian basuh dengan air bersih sambil mandi.

Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Tomat

Tomat, bisa juga digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat

Di dalam buah tomat kaya akan kandungan lycopine yaitu senyawa anti-oksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas sehingga menjadikan kulit cerah dan berseri. Tomat juga berfungsi sebagai tabir surya alami sehingga memperkecil kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Ambil buah tomat dan haluskan seperti bubur kemudian oleskan ke seluruh tubuh, setelah itu diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air bersih setelahnya.

Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Lobak Putih

Buah lobak putih kaya akan vitamin C, B complex, fosfor dan zinc yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan airnya yang banyak juga membantu menjadikan kulit lembab dan sehat.

Ambil buah lobak dan haluskan kemudian balurkan ke seluruh tubuh kemudian tunggu selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Kentang

Makanan
Kentang. (foto: akurat.com)

Buah kentang banyak mengandung mineral yang berfungsi sebagai antibiotik alami yang berfungsi untuk memperlambat penuaan kulit dan membantu mempercepat regenerasi kulit. Anti-oksidan alamai yang terkandung di dalamnya berfungsi untuk menghilangkan dan menyamarkan bekas luka. Sehingga kentang menjadi salah satu cara untuk memutihkan kulit wajah secara alami dan cepat untuk wanita.

Ambil buah kentang yang telah direbus kemudian tumbuk dan campurkan dengan 2 sendok makan susu sehingga membentuk pasta. Oleskan ke seluruh tubuh dan diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Susu

Dalam segelas susu terkandung nutrisi yang lengkap, itu sebabnya tak perlu takut mengonsumsi susu, selama jumlahnya tidak berlebihan. / Ist

Kandungan vitamin D yang berfungsi meningkatkan produksi kolagen terdapat dalam susu. Kolagen berfungsi untuk menjaga agar kulit tetap kenyal dan tidak berkerut. Susu juga mengandung vitamin B6 yang berguna merawat dan menjaga kesehatan dan kelembaban kulit.

Ambilah segelas susu segar dengan 4 sdm madu kemudian jadikan lulur dan oleskan pada seluruh tubuh. Biarkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih atau mandi.

Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Madu

Madu bahan alami untuk memutihkan wajah

Madu kaya kaya akan pelembab alami dan bisa mencerahkan kulit karena madu kaya akan anti-oksidan yang dapat mengangkat kulit mati.
Ambil madu secukupnya dan oleskan ke seluruh tubuh. DIamkan selama 30 menit kemudian bilas sembari mandi.

Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Pisang

Kombinasi yoghurt dan pisang bahan yang baik untuk memutihkan kulit secara alami

Buah pisang banyak mengandung vitamin C sehingga efektif dalam memutihkan kulit secara alami
Ambil dan haluskan 2 buah pisang kemudian tambahkan 4 sdm madu, lalu campur hingga rata. Balurkan ke seluruh tubuh kemudian setelah itu mandi dengan air hangat.

Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis bisa membantu memutihkan wajah

Kandungan anti-olsidan dan vitamin C dalam jeruk nipis mencegah timbulnya jerawat pada kulit dan mencerahkan kulit, mengangkat sel kulit mati dan mengatasi minyak berlebih pada kulit.

Ambil dan belah jeruk nipis kemudian oleskan ke seluruh tubuh secara merata. Diamkan selama 30 menit setelah itu basuh dengan air bersih atau mandi.

Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Alpukat

Alpukat

Buah alpukat kaya akan karotenoid anti-oksidan, vitamin E, C yang berfungsi menjaga kelembaban kulit sehingga terhindar terhindar dari keriput dan mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin E berfungsi mencegah penuaan dini akibat terkena paparan sinar matahari sedangkan vitamin C uang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen pada tubuh agar kulit tetap kenyal.

Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Pepaya

Pepaya
Pepaya. (foto: lemonilo.com)

Kandungan enzim papain dalam papaya berguna meregenerasi kulit. Pepaya juga kaya akan vitamin A, C dan E yang berfungsi sebagai anti-oksidan yang menutrisi dan menjaga kelembaban kulit. Buah papaya juga merupakan sunscreen alami bagi kulit.
Ambil buah papaya, haluskan dan jadikan lulur. Balur ke seluruh tubuh diamkan selama 30 menit kemudian mandi dengan air hangat.

Lakukan rutin dengan memilih salah satu bahan yang Anda rasa cocok untuk diterapkan setiap hari sebelum dan atau sesudah mandi.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi Ini Bantu Jaga Kekebalan Tubuh Saat Pandemi

Pemicu Penyakit Diabetes, Jenis Makanan dan Minuman Ini Perlu Dihindari

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar