Menakutkan, inilah sejarah munculnya 5 hantu terkenal di Indonesia

Ilustrasi sejarah munculnya 5 hantu terkenal di Indonesia. (foto/blogspot..com)

Terkini.id, – Hantu atau makhluk halus adalah makhluk yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan orang Indonesia. Setiap daerah pasti memiliki cerita tentang makhluk mengerikan ini mulai di mana tempat tinggalnya, apa makanannya, bagaimana wujudnya, dan bagaimana mereka bisa muncul dan akhirnya menjadi hantu dan menakuti manusia yang ada di sekitarnya.

Berbicara hantu memang bisa membuat kita jadi takut. Tapi tidak ada salahnya mempelajari sejarah dari munculnya hantu ini. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini sejarah munculnya 5 hantu yang terkenal di Indonesia.

1. Pocong

Pocong. (foto/kabarin.co)

Pocong adalah hantu yang sangat umum diceritakan oleh orang-orang yang ada di Indonesia. Hantu yang berwujud manusia dengan tubuh dibungkus kain kafan ini kerap muncul dan mengganggu banyak orang.

Makhluk halus ini suka muncul di pinggir jalan, di dekat pohon pisang hingga di kuburan yang memiliki banyak pohon-pohon besar.

Konon pocong muncul dari jenazah yang dikuburkan namun tali kafannya tidak lepas. Hantu ini muncul untuk memberi tahu jika ada kesalahan dalam pemakaman.

Baca :Ini 7 makhluk gaib yang doyan berhubungan seks dengan manusia

Makhluk ini berdasarkan cerita lainnya juga berasal dari mereka yang melakukan sumpah pocong. Kebohongan sumpah yang mereka lakukan akhirnya mengutuk mereka menjadi pocong sungguhan dan bergentayangan di alam bebas sehingga kerap menuntut balas kepada manusia.

2. Tuyul

Tuyul. (foto/plukmel.com)

Pamor dari tuyul sangat tinggi di Indonesia. Makhluk gaib yang dikenal suka mencuri uang ini konon kerap dipelihara oleh banyak orang yang ingin kaya.

Mereka akan menyuruh tuyul ini untuk mencuri uang dari orang-orang yang ada di sekitarnya. Tuyul akan memberikan semua hasil curiannya kepada majikannya agar diberi imbalan yang kadang jenisnya aneh-aneh.

Menurut cerita yang beredar, tuyul merupakan hantu yang berasal dari bayi yang mati muda. Misal bayi yang sengaja digugurkan karena tidak diinginkan oleh orang tuanya.

Tuyul juga berasal dari bayi yang sengaja dijadikan ritual untuk mengubah mereka jadi hantu pencuri ini. Oh ya, selain di Indonesia, tuyul juga ada di Thailand dan negara Asia lainnya.

3. Kuntilanak

Kuntilanak. (foto/twitter.com)

Makhluk astral berwujud wanita ini kerap muncul dengan rambut panjang dan baju serba putih (kadang merah atau hitam). Kuntilanak juga kerap menangis atau tertawa dengan suara melengking di atas pohon atau rumah angker.

Baca :Misteri hantu Tujua, tujuh arwah yang tidak diterima akhirat

Makhluk ini sering dengan sengaja menampakkan diri dan melakukan tindakan mengerikan seperti mengganggu dan mengejar siapa saja yang lewat dihadapannya.

Ada banyak cerita yang menyebutkan tentang asal-usul kuntilanak. Cerita pertama menyebutkan bawah hantu ini muncul dari wanita hamil yang meninggal sebelum anaknya lahir atau meninggal saat anaknya lahir.

Cerita lainnya mengatakan bahwa mereka muncul karena saat muda dibunuh oleh seseorang lalu mayatnya dibuang dan tidak dikuburkan dengan baik. Oh ya, kuntilanak sangat terobsesi dengan anak-anak karena menganggap mereka seperti anaknya sendiri.

4. Wewe Gombel

Wewe Gombel. (foto/pinterest.com)

Makhluk gaib ini menurut cerita yang beredar, meninggal bunuh diri karena dituduh telah membunuh suaminya sendiri. Wewe gombel menduga suaminya berselingkuh dengan wanita lain, karena ia tidak bisa memberikan anak kepada suaminya.

Ia kemudian membunuh suaminya sendiri, lalu menjadi gila seperti gembel. Lalu mengapa dinamakan wewe gombel?

Dalam tradisi jawa, wewe gombel berarti roh jahat atau makhluk halus yang suka menculik anak-anak. Cerita lainnya menyebutkan bahwa nama wewe gombel berasal dari daerah tempat kisah wewe gombel mencuat, yakni di wilayah Gombel kota Semarang.

Baca :Viral: sopir rekam penampakan wanita berbaju merah

Kabar lainnya mengatakan Wewe Gembel masih besanan dengan Genderuwo, bila Wewe Gembel berjenis betina sedangkan Genderuwo adalah pejantan.

Makhluk menakutkan ini tak hanya dikenal suka mengencingi mata manusia, konon dia juga suka ‘ngumpetin’ anak-anak kecil yang masih berkeliaran di malam hari.

5. Genderuwo

Genderuwo. (foto/wordpress.com)

Selain pocong, genderuwo juga merupakan hantu yang umum ditemui di Indonesia. Hantu ini berwujud raksasa dengan tubuh penuh bulu berwarna hitam.

Berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat, Genderuwo adalah makhluk gaib yang sudah ada begitu saja sejak manusia ada di bumi. Namun, beberapa pendapat mengatakan kalau makhluk ini berasal dari manusia yang meninggal dengan cara tidak wajar.

Arwah mereka tidak tenang di alam baka sehingga lambat laun menjadi makhluk yang mengerikan. Biasanya Genderuwo hidup dan tinggal di kawasan hutan yang banyak pepohonan atau di dekat sungai.