Menelusuri Objek Wisata di Tana Toraja, Terkenal Hingga ke Mancanegara

Tana Toraja
Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Terkini.id – Tana Toraja merupakan salah satu Kabupaten di Sulawesi Selatan dengan sejuta pesona. Sebagai salah satu objek Wisata, Tana Toraja merupakan andalan Sulsel yang sangat banyak dikunjungi Wisatawan. Berikut ini hasil laporan Nur Rachmat, Wartawan MT.

Makale, Ibukota Tana Toraja

Pada mulanya Makaleberasal dari kata Makale’. Penduduk yang hidup di Makale senantiasa bangun pada waktu matahari belum terbit (Makale’).

Hal tersebut karena leluhur mereka mempercayai bahwa orang yang bangun mendahuluhi matahari terbit mudah mendapat rezeki. Lambat laun seiring perkembangan peradaban di sana, maka Makale’ berubah menjadi Makale.

Makale adalah pusat pemerintahan dan juga terkenal sebagai kota tenang dan damai. Di tengah-tengah kota Makale terdapat sebuah kolam yang airnya berisi bermacam jenis ikan.

Menarik untuk Anda:

Kolamnya disebut kolam Makale yang baru-baru ini berubah nama menjadi Plaza Toraja. Di tengah kolam berdiri tegak sebuah patung yang diberi nama patung monumen perjuangan (Monjuang).

Perubahan nama dan pembangunan patung tersebut diresmikan oleh wakil presiden RI, HM Jusuf Kalla, saat event akbar Toraja Mamali.

Tana Toraja
Makale

Bukti-bukti yang terjual dari kota dimahkotai oleh puncak menara gereja, dimana kaki lembah didominasi oleh bangunan pemerintah. Banyak di antaranya mengambil tipe bangunan rumah tradisional Toraja berarsitektur penuh dengan ukiran dan atap yang melengkung.

Pada saat hari pasar, kota ini merupakan pusat aktivitas, karena banyak penduduk dari jauh datang dengan hasil produksinya berupa binatang dan berbagai jenis kerajinan tangan.

Rantepao, Pusat Wisata Tana Toraja

Daerah ini sudah terkenal di saentero dunia. Rantepao adalah pusat Wisata di Tana Toraja, beranjak 328 km arah utara dari kota Makassar. Terletak 800 meter diatas permukan laut, Rantepao menawarkan malam-malam yang sejuk dan menyenangkan.

Di Rantepao banyak terdapat bito Tour & Travel (rafting di sungai Sa’dang atau Maiting, package tours ke Tentena, Manado, Bali dll).

Selain itu, bagi Anda yang mau membeli cindera mata atau souvenir jangan lupa singgah di Rantepao. Banyak terdapat toko cinderamata yang menjual souvenir khas Toraja, di antaranya kain tenun, patung, parang atau golok, ukiran kagu dan lain-lain.

Bagi yang mau nginap di kota Rantepao, terdapat 12 hotel berbintang dan kira-kira 60 hotel sederhana, wisma dan losmen yang murah.

Tana Toraja
Rantepao

Kete’ Kesu’

Ke’te’ Kesu’ adalah objek wisata yang sudah sangat populer. Sejak tahun 1979, objek wisata yang terletak dikampung Bonoran ini ditetapkan sebagai salah satu Cagar budaya yang perlu dilestarikan.

Objek wisata ini sangat menarik, oleh karena memiliki suatu kompleks perumahan adat Toraja yang masih asli, yang terdiri dari beberapa Tongkonan, lengkap dengan Alang Sura’ (lumbung padinya).

Tongkonan tersebut dari leluhur Puang ri Kesu’ difungsikan sebagai tempat bermusyawarah, mengelolah, menetapkan dan melaksanakan aturan-aturan adat, baik aluk maupun pemali yang digunakan sebagai aturan hidup dan bermasyarakat di daerah Kesu’, dan juga di seluruh Tana Toraja, yang disebut aluk Sanda Pitunna.

Objek wisata ini dilengkapi pula dengan areal upacara pemakaman (rante), kuburan (liang) purba dan makam-makam modern, namun tetap berbentuk motif khas Toraja.

Tana Toraja
Kete’ Kesu’

Londa

Londa adalah tempat pekuburan didinding berbatu dan patung-patung (tau-tau). Di dalamnya terdapat gua dengan banyak tengkorak kepala manusia.

Objek wisata Londa yang berada di desa Sandan Uai kecamatan Sanggalangi’ ini adalah kuburan alam purba. Gua yang tergantung itu menyimpan misteri, penuh berisikan tulang dan tengkorak para leluhur.

Kuburan alam purba ini dilengkapi dengan sebuah benteng pertahanan yang bernama Tarangenge, yang terletak di atas punggung gua alam ini.

Objek ini sangat mudah dikunjungi, oleh karena sarana dan prasarana jalan yang lancar. Satu hal perlu diingat bahwa seseorang yang berkunjung ke obyek ini, wajib memohon izin dengan membawa sirih pinang atau kembang.

Sangat tabu (dilarang keras) untuk mengambil atau memindahkan tulang, tengkorak, atau mayat yang ada di dalam gua ini.

Tana Toraja
Londa

Sebenarnya masih banyak tempat-tempat wisata lainnya yang tidak kalah menakjubkan, seperti Galuga Dua (pusat tenun), Kambira (kuburan bayi) dan lain-lain.

Untuk edisi kali ini, MT menghadirkan empat tempat wisata tersebut yang sudah terkenal di dunia. Selamat berwisata ria di Tana Toraja bersama MT.

Artikel ini telah terbit di Majalah Makassar Terkini

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Wisata Labuangnge Barru dengan Panorama Alam Indah yang Sayang Dilewatkan

Resmi, Wings Air Buka Rute Tana Toraja-Makassar PP

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar