Mengaku Memiliki Sertifikat Lahan Al Markaz, Sekda Sulsel: Tunjukkan ke Kami

Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani membacakan jawaban gubernur terhadap Ranperda hibah lahan/tanah kepada Yayasan Islamic Center Masjid Al Markaz Al Islami, pada rapat paripurna DPRD Sulsel, Jumat 20 September 2019.

Terkini.id — Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani menantang pihak-pihak yang mengaku memiliki alas hak atas lahan seluas 7 hektar di Al Markaz, Jalan Masjid Raya Makassar.

“Kalau ada yang mengaku memiliki alas hak lahan di Al Markaz tunjukkan ke kami,” ujar Abdul Hayat Gani, di DPRD Sulsel, Jumat 20 September 2019.

Hal itu diutarakan oleh Abdul Hayat menyusul banyaknya pihak yang mengaku memiliki alas hak terhadap lahan tersebut. Salah satunya adalah Bruno Thoeng Boen Siang. Sesuai dengan Eingendom 1182 atas nama Pemilik Thoeng Thiong Soang.

Sementara Pemerintah Provinsi (Pemprov) juga memiliki alas hak terkait dengan lahan tersebut.
Pemprov mengantongi bukti kepemilikan berupa sertifikat hak pakai pada 21 mei 1992.

“Kalau memang dia mengaku punya sertifikat, Pemprov juga punya sertifikat, tinggal diuji di BPN, buktikan mana yang asli,” ujarnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui usulan Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah mengusulkan ke DPRD Sulsel untuk menghibahkan lahan tersebut ke Yayasan Islamic Center Masjid Al Markaz Al Islami.

Kini DPRD Sulsel membentuk Panitia Pembuat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang hibah lahan/tanah kepada Yayasan Islamic Center Masjid Al Markaz Al Islami.