Mengatasi Alienasi Pemuda dalam Politik, Upaya Meningkatkan Partisipasi Politik di Tahun 2024
Komentar

Mengatasi Alienasi Pemuda dalam Politik, Upaya Meningkatkan Partisipasi Politik di Tahun 2024

Komentar

Terkini.id, Makassar – Menatap Pemilu 2024 yang akan datang, ada beberapa hal potensial dan akan menjadi konsekuensi ideal apabila terwujud. Dewasa ini golongan usia yang paling banyak mengemukakan pendapat di hadapan publik adalah anak muda.

Kesadaran yang tinggi ini dan pandangan mereka terhadap politik hal yang paling menarik untuk dibahas.

Pemuda cenderung tertarik pada isu-isu yang langsung memengaruhi kehidupan mereka, seperti Korupsi, lapangan kerja, pendidikan, lingkungan, dan kebebasan berpendapat.

Keterwakilan pemuda di parlemen pada periode ini terbilang masih sedikit, berdasarkan dari penelian dari LIPI bahwa di DPR RI saja perwakilan pemuda hanya diangka 4% saja.

Saat ini ada banyak pemuda yang masih asing terhadap partai-partai politik, ketertarikan mereka terhadap partai politik tidak begitu baik, namun apabila di integrasikan atau di asosiasikan terhadap personal maka mereka lebih mendukung hal tersebut.

DPRD Kota Makassar 2023

Pemuda adalah kelompok yang terhubung secara digital, mereka aktif di media sosial dan berpartisipasi dalam diskusi politik online. Pemuda mungkin cenderung mendukung kandidat atau partai yang efektif dalam memanfaatkan media sosial dan teknologi digital untuk berkomunikasi dengan mereka dan memperjuangkan isu-isu yang penting.

Pemuda bisa merasa lebih terhubung dan terwakili oleh kandidat yang berasal dari generasi mereka sendiri atau memiliki rekam jejak yang kuat dalam memperjuangkan isu-isu pemuda.

Kandidat muda yang muncul dengan visi dan ide-ide segar dapat menarik perhatian pemuda dan mendapatkan dukungan mereka. Pemuda cenderung mencari kandidat yang dianggap memiliki kredibilitas dan integritas tinggi.

Mereka akan cenderung mendukung kandidat yang dianggap jujur, transparan, dan memiliki rekam jejak yang baik dalam melayani masyarakat. Kepercayaan politik pemuda akan lahir pada figur-figur pemuda juga, nilai pada seorang individu lebih mudah mereka baca dibanding dengan kekelompokkan tertentu.

Maka untuk meminimalisir golongan putih dari kalangan pemilih pemula maka perlu dirasa setiap partai untuk memberdayakan dan mendorong serta support terhadap caleg-caleg muda mereka agar mampu mendorong peningkatan partisipasi politik di tahun 2024 mendatang.