Mengenal Sosok Brigpol Anumerta Hedar, Korban Penembakan KKB di Puncak

Terkini.id, Papua – Brigpol Anumerta Hedar menjadi korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata di Kabupaten Puncak saat melaksanakan tugas penyelidikan.

Hedar akan dimakamkan di Kampung halamannya di Desa Siawung Kecamatan Barru Kabupaten Barru Makassar Sulawesi Selatan.

Jenazah Brigpol Anumerta Hedar saat ini telah tiba di Bandara Moses Kilangin Timika dan akan diterbangkan ke Kampung halamnnya dengan menggunakan pesawat Sriwijaya SJ 589 pada pukul 14.00 Wit.

Brigpol Anumerta Hedar lahir di Barru, Sulawesi Selatan pada tanggal 17 Juli 1995 dari pasangan Suami Istri, Kaharuddin yang bekerja sebagai Wiraswasta dan Nurhaeda merupakan ibu rumah tangga.

Almarhum merupakan anak tunggal, Di mana Hedar menyelesaikan Sekolah Dasar pada tahun 2007 di MI Darusalam, SMP Negeri 2 Serui pada tahun 2010, kemudian lulus di SMA Negeri 1 Serui pada tahun 2013 dan melanjutkan kuliah dengan mengambil jurusan manajemen S1 Tahun 2018.

Mahir Bahasa Jerman

Dilansir dari laman resmi Hedar juga dikenal mahir dalam berbahasa asing yakni bahasa Jerman.

Awal kiprah menjadi seorang Brigadir Polisi, di mana Almarhum mengikuti Pendidikan Bintara Tugas Umum Polri Tahun 2014 di SPN Jayapura Polda Papua dan pada tahun 2015, setelah mengakhiri pendidikannya almarhum mendapat penempatan di Polres Lanny Jaya dengan jabatan Bintara Reskrim selama 2 tahun, selanjutnya pada tahun 2017 bergabung di Dit Reskrimum Polda Papua.

Selama dinas 5 tahun Almarhum dikenal sebagai sosok personil yang disiplin, ulet dan jujur serta bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh pimpinan.

Berkat kedisiplinannya tersebut, sehingga pada tahun 2017 Almarhum mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa dalam aksi pembebasan sandera warga Papua dan Non Papua oleh KKB di tembagapura yaitu di Kampung Banti, Distrik Tembagapura pada tanggal 11 November 2017.

Tidak hanya itu, Almarhum juga banyak mendapatkan bintang jasa karena berhasil mengungkap sebanyak 11 kasus kriminal yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal bersenjata (KKB) yang terjadi di wilayah pegunungan tengah Papua.

Atas jasa-jasanya tersebut, alm. Briptu Hedar telah dinaikan pangkat setingkat lebih tinggi menjadi Brigadir Polisi Anumerta berdasarkan surat telegram Kapolri Nomor: STR/2111/VIII/KEP./2019 tanggal 12 Agustus 2019.

Berita Terkait
Komentar
Terkini