Mengenal sosok Owner 3R Boutique, Eka Nurgianti

Owner 3R Boutique, Eka Nurgianti (tengah)

Terkini.id, Makassar – Perkembangan dunia fashion saat ini telah berkembang dengan sangat pesat. Bagi para wanita, membuka usaha di bidang fashion merupakan sebuah hobi yang dibayar.

Bagaimana tidak, para wanita umumnya sangat menyukai keindahan dan mereka amat sangat peka terhadap perkembangan trend. Inilah mengapa banyak wanita yang tertarik membangun usaha butik, tak terkecuali muslimah cantik, Eka Nurgianti.

Wanita yang kini berusia 41 tahun ini telah lama eksis sebagai salah satu pelaku usaha industri fashion di Indonesia dengan mendirikan brand butik, 3R Boutique.

3R Boutique didirikan oleh Eka sejak tahun 2010 silam, dimana sebelum menggeluti bisnis fashion, ia telah banyak belajar di dunia bisnis melalui usaha salon kecantikan yang lebih dulu ia dirikan, 3R Salon.

Logo 3R Boutique

“Dulunya saya hanya membeli barang dari luar negeri, seperti dari Malaysia kemudian saya jual kembali, terus banyak yang suka. Kemudian lama-lama saya kepikiran membuka sendiri rumah jahit sekaligus butik yang bisa custom size,” kata Eka saat ditemui di lokasi berlangsungnya event FEMME di Hotel Four Point Makassar.

Pada tahun 2014, ibu 3 anak dan istri dari Fikri Andi Akbar ini mulai merancang dan mendesain busana dari hasil kreasinya sendiri. Suaminya, Fikri Andi Akbar adalah Owner dari perusahaan freight forwading, PT Samudera Lautan Luas yang telah memiliki 6 cabang di berbagai kota di Indonesia.

“Awal mulainya bermodalkan 5 mesin jahit dengan 5 orang pegawai, sekarang sudah 8 unit dan digerakkan oleh 8 karyawan. Target produksi kami dalam 3 hari, harus bisa memproduksi 21 jahitan busana, jadi dalam sebulan bisa sampai 200-an pieces. 3R itu adalah akronim dari nama ketiga anak saya, Raysyad Putra, Raysita Putri, dan Rais Putra,” ungkapnya. Jumat, 13 April 2018.

Eka Nurgianti beserta keluarga

Sebelum menempati lokasi yang sekarang di Kompleks Citra Garden Blok C5 No.21, Medan, 3R Boutique menempati ruko yang sama dengan usaha salonnya, 3R Salon, di Jalan Karya Wisata No.105, Medan.

Wanita kelahiran Belitung, 25 Juni 1976 ini mengungkapkan pada awal ia mendirikan 3R Boutique, konsumennya lebih banyak dari kerabat dan teman-temannya sendiri. Hingga pada akhirnya, kreasi dan keunikan dari busana rancangannya menyebar dari mulut ke mulut.

“Bahan-bahan dari 3R berasal dari kualitas terbaik. Jadi harga juga mengikut sesuai kualitasnya. Saat ini, saya juga telah membuat brand baru, namanya E-Chique,” tambah Eka.

Brand baru dari Eka Nurgianti ini lebih condong dan fokus ke busana potongan dengan menyasar segmentasi kalangan menengah ke bawah dengan price yang lebih terjangkau, serta tetap menjaga kualitas dan bisa custom size.

Salah satu karya rancangan 3R Boutique, Cardigan Full Bordir dengan kualitas terbaik

“Tantangan paling berat di bisnis ini, yakni saat ada customer baru yang ingin custom size dan maunya cepat, sementara masih banyak costumer lainnya yang mengantri. Itulah kesulitan yang sering saya alami, karena 3R Boutique juga punya batasan produksi,” ujarnya.

Lanjut Eka, selain itu tantangan lainnya adalah pangsa pasar, dimana setiap costumer yang datang dari berbagai daerah di Indonesia punya selera busana yang berbeda-beda.

“Saya harus tahu selera costumer di kota-kota lainnya itu seperti apa. Misal di Makassar ini, saya baru tahu seperti apa selera wanita Makassar setelah mengikuti FEMME ini,” tuturnya.

Selain tantangan dan kendala yang ia hadapi, Eka juga mengungkapkan salah satu faktor yang membuat ia nyaman dan senang menggeluti bisnis ini, yakni ikatan kebersamaan dan kekeluargaan yang erat antara dirinya dengan para kerabat dan karyawannya di 3R Boutique.

Stand 3R Boutique di lokasi FEMME 2018

Dari bisnis fashion yang ia geluti, saat ini Eka bisa meraup penghasilan yang cukup lumayan. Setelah Medan, 3R Boutique juga kedepannya akan membuka cabang outlet di kota Pekanbaru.

“Pesan saya kepada ibu-ibu yang punya usaha fashion, jangan patah semangat. Tetaplah berkreasi untuk terus berkarya,” pungkas Eka Nurgianti.

Berita Terkait
Komentar
Terkini