Mengharukan, meski motornya mogok, Komandan tetap semangat mengantar air galon

Kisah mengharukan tentang tukang antar air galon keliling bernama Komandan yang hanya bermodal motor yang sudah tua dan keseringan mogok menjadi perbincangan hanyat di media sosial. Kisah mengharukan ini membuat terenyuh beberapa warga net setelah seorang pengguna sosial media (facebook) bernama Oga Suryanti. (Istimewa)

TERKINI.id, MAKASSAR – Kisah mengharukan tentang tukang antar air galon keliling bernama Komandan yang hanya bermodal motor yang sudah tua dan keseringan mogok menjadi perbincangan hanyat di media sosial. Kisah mengharukan ini membuat terenyuh beberapa warga net setelah seorang pengguna sosial media (facebook) bernama Oga Suryanti.

Dari penelusuran redaksi makassar.terkini.id, Oga Suryanti pertama kali mengunggah ceita dan satu foto dan video di akun pribadinya pada Senin, 9 Oktober 2017 sekitar pukul 11.46 wita. Alumni Universitas Negeri Makassar ini menuliskan judul ceritanya “Modal Tanpa Batas”. Sejak dipostingnya cerita tersebut hingga hari ini sudah mendapat komentar dan dibagikan hingga puluhan kali. Tidak sedikit teman Oga Suryanti yang mengomentari postingannya bahkan memperlihatkan kesedihan lewat emotion yang ditulisnya.

Pasca postingan tersebut diunggah, beberapa rekan Oga Suryanti berkomentar. Seperti yang makassar.terkini.id lansir dari wall Oga. Berikut komentar teman Oga, masing-masing :
Try Juliadri Dia kerja sama org. Minasaupa, pallangga, sungguminasa dorong motor. Kadang pulang sampai jam 11 malam lewat kasian. Org yang tidak mau dibntu, bahkan berterimakasih sebelum dibantu. Suaranya pelan dan sopan. Biasa lewat di depan kolam mario kalau pulang.

Nur Amanah Djalle D’Cinde Kodong… pnh ini bpk sy liat dorong motor.a dekat pasar terminal sungguminasa dgn mmbwa galon.. sy kira motor.a dia mogok jd dia dorong mgkin khbisan bensin fikiran sy itu hari… ternyata…. semoga bpk ini di naikkan derajat.a n bnyak rezeki…

Baca :Nantikan varian terbaru Honda BeAT yang siap mengaspal di Sulawesi

Suniaty Burhan II Saya juga tiap hari lihat dia disekitaran jl.malino, mendorong motornya padahal ada air galon yang dia bawa. Pernah juga adik saya mau kasih makanan awalnya di tolak tapi dipaksa untuk diambil dan akhirnya dia ambil. Dia murah senyum.

Sulastri Astrid Maaf sebelumx…q juga biasa liat bapak ini kacian jalan di dekat lorong rumahq di belakang rujab gowa,q kira orang gila kacian mondar mandir bawa galon kosong….mana motorx udh tua…
Q takut hampiri ka q bilang orang gila kacian….ternyata oh ternyata….kuatx itu kodong jalan antar galon pesananx orang,smoga allah melimpahkan rezeki buat bapak itu.aamiin….

Dan pada hari ini, Kamis, 12 Oktober 2017 Oga Suryanti kembali mengunggah foto dan video di akunnya dengan judul “Motor untuk Evan”. Sima berikut cerita Oga dalam postingannya berikut ini : .

(Motor Untuk Evan)

Beberapa hari lalu,

Tepatnya tanggal 9 Oktober 2017, saya menulis tentang Komandan, seorang pengantar galon yg berkeliling mengantar galon air minum dengan mendorong motor mogoknya.
Diluar dugaan saya, ternyata simpati atas perjuangan beliau mulai berdatangan.

Komandan itu ternyata bernama Evan.

Saya memposting tentang beliau tanpa bermaksud untuk menggalang dana. Murni berdasar atas rasa hormat saya atas perjuangannya, berbanjir keringat dibawah terik matahari tanpa keluh kesah, dengan penuh senyum.

Saya benar2 menangis karena terharu,
Sejak hari pertama postingan itu,
ternyata ada beberapa pembaca berhati emas yang merasa tersentuh dengan perjuangan Pak Evan yang berjuang hidup dengan mengantarkan galon dengan harus mendorong motor bututnya karena rusak total

Baca :Yamaha dan Honda Terbukti Bersekongkol Jual Motor dengan Harga Mahal di Indonesia

Para dermawan ini kemudian secara sukarela mentransfer sejumlah uang ke rekening saya untuk diberikan kepada Pak Evan

Kemarin saya dan suami keliling di sekitar kota Sungguminasa selama hampir sejam penuh untuk mencari Pak Evan dan, Alhamdulillah, kami bisa menemui beliau yg sedang beristirahat di tepi jalan.

Rasa syukur kami semakin bertambah saat kami mengutarakan niat untuk membantu beliau, Pak Evan kemudian langsung mengiyakan untuk dibantu (penyampaian kami, adalah untuk memperbaiki motor Pak Evan)

Namun setelah melihat keadaan motornya dari dekat, sepertinya walaupun diperbaiki, mungkin tidak akan bertahan lama karena kondisi kerusakan disana sini pastinya masalah lainnya akan menyusul di kemudian hari.

Sehingga muncullah niat untuk menggalang dana semoga dananya cukup untuk pengadaan motor (walaupun bekas namun bisa berfungsi dengan maksimal). Mudah2an malahan bisa untuk membeli motor baru.
Aamiin.

Dari wawancara kami ke Pak Evan, beliau tinggal sendiri di kost daerah Minasa Upa, tidak ada keluarga atau istri,
Beliau tinggal di kamar dgn tarif 400 rb/bulan.
Sehari2nya memang hidup dari usahanya mengantar galon. Dulu waktu motornya masih bagus, dia bisa mengantar sampai 50 galon sehari, tapi setelah motornya rusak, Pak Evan beruntung jika bisa menjual maksimal 20 galon per harinya

Sewaktu kami mendapatinya dijalan, beliau kebetulan parkir di pinggir jalan dan makan jeruk, kami menawarinya makanan tapi tidak berhasil, karena memang orangnya tidak suka dikasihani. Boleh jadi jeruk itu adalah makan siang Pak Evan hari itu.

Baca :Wah Keren! SHARP Greenerator kunjungi pabrik SHARP Indonesia

Oleh karenanya, kami tidak bisa menahan air mata ketika Pak Evan kemudian menerima tawaran memperbaiki motornya.
Ini adalah pertama kalinya kami sukses menawarkan bantuan ke Pak Evan.

Teman2 sekalian, kami ingin mengetuk hati dan keikhlasan teman2 sekalian untuk ikut memberikan bantuan terbaiknya, semoga Allah SWT membalasnya dengan balasan terbaik pula.

Menimbang saran dari bbrp pembaca, saya kemudian membuat Grup WA agar donasi teman2 sekalian menjadi transparan dan amanah sesuai dengan niat awal para donatur dan sukarelawan.

Untuk bergabung di Grup WA,
Silahkan klik link berikut:
bit.ly/MotorUntukEvan

Untuk niat baik ini, saya telah mengosongkan satu rekening saya khusus untuk media transfer dana motor buat Pak Evan.

Semoga niat baik kita ini menjadi bekal amal kita dan diperhitungkan di hari akhir nanti.
Aamiin.

Terima kasih atas perhatian dan bantuan teman-teman semua.

Salam Hormat Saya.

Pasca postingan tersebut di atas, akun Oga kembali dibanjiri komentar bahkan ada beberapa yang bermimik sedih dan nangis. Tidak hanya itu, ada beberapa juga yang sudah melakukan transfer di rekening yang disiapkan untuk pembeli motor untuk Evan. Adapun nomor rekening “Motor untuk Evan” bisa lewat  Bank BCA 7685152720 atas nama Suryanti S.