Mengintip Panggung Debat Pilkada Tana Toraja dengan Gaya Pilpres Amerika

Pilkada Tana Toraja
Desain panggung debat kedua Pilkada Tana Toraja

 Terkini.id, Makale – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Toraja menggelar debat publik kedua  di Hotel Metro Permai, jalan Poros Makale-Rantepao, Kecamatan Makalae Utara, Selasa 1 Desember 2020.

Bertekad ingin mengulang kesuksesan pada debat publik pertama yang digelar bulan Oktober 2020 lalu di Kecamatan Bittuang, pada pelaksanaan debat publik kedua, KPU Tana Toraja kembali mengusung konsep berbeda.

Ketua KPU Tana Toraja, Rizal Randa menjelaskan bahwa pihaknya berharap pelaksanaan debat kedua juga bisa berjalan seperti yang diharapkan.

“Jika debat pertama dulu kita gelar di ibukota kecamatan, nah, pada debat kedua ini kita tetap mengambil lokasi di Tana Toraja namun dengan konsep berbeda,” terang Rizal dalam keterangan persnya.

Menurut dia, pada debat kedua ini, pihaknya menghadirkan konsep ala debat Pemilihan Presiden Amerika Serikat.

Menarik untuk Anda:

“Konsep panggung hingga podium moderatornya kami design ala debat Pilpres Amerika. Pesan yang kami ingin sampaikan adalah, meski digelar di daerah  namun kami tetap bisa menghadirkan konsep berbasis teknologi modern,” jelas Rizal.

Mantan jurnalis ini menambahkan, dirinya berharap debat kedua ini akan lebih santai dan lebih spesifik. 

“Debat kali ini kami coba bawakan lebih santai dan lebih spesifik karena berkaitan dengan bidang kerja pemerintahan. Misalnya, soal pariwisata, penegakan hukum dan bagaimana pemimpin yang terpilih nanti menangani ekonomi di tengah pandemi ini,”urainya. 

“Jadi ini yang harus jadi perhatian para calon dalam menjawab pertanyaan yang disusun oleh panelis,” sambungnya.

Rizal juga berharap agar debat kedua ini bisa berjalan dengan baik, lancar, tertib dan aman. 

“Semua tergantung pada kita semua. Aman atau tidaknya kegiatan ini kembali pada kita semua. Dan yang tak kalah pentingnya, mari jaga kesehatan, jaga jarak dan tetap menjalankan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Pada debat kedua yang merupakan sesi terakhir ini, pihak KPU Tana Toraja memberi mandat kepada Dr Hasrullah sebagai moderator. “Selain itu ada juga lima panelis dari berbagai disiplin ilmu,” papar Rizal.

Pilkada Tana Toraja yang digelar 9 Desember nanti diikuti tiga pasangan calon (Paslon). Paslon nomor urut 1 yakni Theofilus Allorerung dan dr Zadrak Tombeq Sp.A. Paslon nomor urut 2 Ir Nicodemus Biringkanae dan Viktor Datuan Batara SH. Sementara paslon nomor urut 3 yakni Drs Albertus Patarru Ak, MM dan Drs John Diplomasi.

Debat publik kedua Pilkada Tana Toraja akan disiarkan secara langsung dan dapat disaksikan di channel YouTube KPU Toraja dan seluruh jaringan TV kabel yang ada di Tana Toraja dan Toraja Utara mulai pukul 14.00 WITA.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Amran Sulaiman Bermindset Milenial

Survei KedaiKOPI, Amran Sulaiman Satu-satunya Tokoh Indonesia Timur

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar