Menguji Medan Ekstrem Cekong Hill di Kabupaten Enrekang

Wahana Swing ektrim di Cekong Hill, Kabupaten Enrekang

Terkini.id – Keindahan alam Sulawesi Selatan tidak pernah habis untuk dibahas. Kali ini Makassar Terkini ingin mengenalkan salah satu destinasi wisata yang masih baru di daerah Sulawesi Selatan, lebih tepatnya di Enrekang.

Tempat Wisata ini bernama Cekong Hill. Merupakan wilayah berbukit yang dimanfaatkan oleh pemuda sekitar sebagai tempat wisata ekstrim.

Lokasinya berada di daerah Tanete, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang. Tepatnya di belakang Polsek Anggeraja (pinggir jalan poros Enrekang-Makassar).

Untuk mencapainya diperlukan sekitar 7-8 jam perjalanan dari Kota Makassar bila menggunakan mobil. Lalu melewati jalan tanah selebar 3 meter samping kantor polsek, dengan jarak tempuh sekitar 10 menit. Terdapat sebuah atap daun kering yang difungsikan tempat mendaftar dan menunggu giliran bermain.

Cekong Hill

Cekong Hill awalnya adalah lahan kosong yang disulap menjadi sirkuit motor cross untuk lomba motor cross pada Juli 2016. Kemudian lahirlah inisiatif untuk membuat wahana permainan sebagai pelengkapnya.

Abang Hasfan, Irwan Lani, bersama 8 orang temannya sebagai penggagas Cekong Hill lalu membuat wahana permainan ekstrim yaitu swing ectreme (ayunan ekstrim), flying fox, anjungan selfie, dan outbond.

Wahana permainan yang paling banyak peminatnya adalah swing extreme, flying fox, dan anjungan selfie. Permainan swing extreme dikenakan biaya tiket Rp 15.000/orang, flying fox biaya tiketnya Rp 30.000/orang, sedangkan untuk anjungan selfie juga sama Rp 30.000/orang.

Wahana swing ekstrim berada di tebing setinggi 600 Mdpl. Dari tempat itu bisa terlihat keindahan alam, seperti kebun-kebun masyarakat, sungai, dan sebuah bukit yang seperti terbelah dua. Konon bukit tersebut merupkan makam batu yang melebihi tuanya makam batu di Kabupaten Toraja.

Cekong Hill
Swing ekstrim di Cekong Hill

Swing ekstrim adalah ayunan yang terkait di sebuah pohon di ujung tebing. Namun jangan meragukan kekuatan pohon tersebut karena telah diperkuat oleh tiang baja yang telah ditanam dan diikat oleh tiang baja lainnya, sehingga sangat aman.

Sebelum bermain, peserta menggunakan alat standar keselamatan yang sering digunakan oleh pendaki.

“Orang-orang biasa berteriak histeria bila memainkan ini (swing ekstrim). Jika kalian mengaku pemberani, maka kalian harus memiliki ayunan yang berada di ujung tebing setinggi 600 Mdpl,” ajak Irwan Lani.

Permainan ini seperti membuat para pemainnyaa melupakan masalah-masalah di kantor, rumah, atau kampus. Stres seperti hilang dalam sekejap ketika telah memainkannya.

“Kalau mau main, mending main yang paling mengerikan dulu, setelah itu yang lain jadi biasa-biasa saja,” tambah Abang.

Cekong Hill

Respon masyarakat sangat positif dengan kehadiran tempat wisata ini. Terlihat ramainya pengunjung dari hari ke hari. Pada saat weekend pengunjung Cekong Hill bisa mencapai 500 orang per hari, sedangkan di hari biasa bisa mencapai 200 orang per hari.

Pengunjungnya juga tidak hanya dari Kabupaten Enrekang, anak muda dari kabupaten sekitar juga berbondong-bondong ingin mencoba berayun di Cekong Hill.

Pengelola Cekong Hill benar-benar memanfaatkan sosial media untuk penyebaran informasi Cekong Hill. Melalui akun facebook dan instagram, Cekong Hill memasarkan tempat wisata ini kepada masyarakat luas.

Cekong Hill

Keseriusan pemanfaatan sosial media sebagai media penyebaran informasi wisata Cekong Hill sudah bisa dilihat ketika akan memasuki rumah gubuk tempat mendaftar dan menunggu untuk bermain.

Melalui media spanduk, mereka mengajak kepada semua pemain untuk mengupload dan menggunakan hashtag #AyokeCekong #CekongHill.

Sebelum ke Cekong Hill, bisa dicek kerennya pemandangan di sana dengan mengakses akun instagram @cekonghill.

“Jika kalian mempunyai waktu untuk liburan, Cekong Hill bukan tempat yang salah untuk kalian habiskan waktu berlibur bersama teman-teman. Ayo ke Cekong Hill,” ajak Abang.

Penulis : Dimas Prakoso

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Travel

Tempat Wisata Bogor yang Mengasyikkan

Terkini.id, Bogor - Bogor dan sekitarnya memang memiliki pesona tempat wisata tersendiri, apalagi jika itu berkaitan dengan kawasan puncak. Kawasan tersebut seringkali dijadikan sebagai