Menhub Tawarkan Proyek Kereta Api menuju Parepare ke Investor

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (foto: fin.co.id)

Terkini.id, Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak para investor swasta untuk berinvestasi dalam proyek pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi di Indonesia.

Salah satu yang ditawarkan oleh Budi Karya tersebut adalah jalur kereta api Makassar – Pare Pare.

“Kami memberikan prioritas lebih pada pembangunan Bandara Komodo Labuan Bajo karena termasuk salah satu tujuan pariwisata yang diunggulkan untuk menarik turis asing dan domestik,” kata Budi Karya BKPM – HSBC Infrastructure Forum bertajuk “Investing In Indonesia’s Growth Ambition” di Denpasar, Bali Kamis, 11 Oktober 2018.

Menurut Budi, pengembangan konektivitas perkeretaapian dan bandara merupakan prioritas karena sangat penting dalam distribusi semen yang diproduksi oleh tiga perusahaan semen di pulau ini ke pelabuhan utama di Sulawesi.

Adapun pernyataan Budi tersebut disampaikan di sela Pertemuan IMF-World Bank yang digelar di Nusa Dua, Bali. Dalam pertemuan tersebut, Indonesia juga mengelar acara Indonesia Infrastructure Forum 2018.
Dalam acara tersebut Pemerintah Indonesia menawarkan beberapa proyek pembangunan infrastruktur yang dikerjakan bersama-sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Menarik untuk Anda:

Lingkup proyek jalur kereta Makassar – Pare-Pare, adalah berupa pengoperasian, pemeliharaan jalur kereta api berikut prasarana pendukungnya, serta pembangunan jalur kereta api ke pabrik Semen Tonasa dan Bosowa.

Proyek ini bernilai Rp. 1,1 triliun yang ditawarkan dengan skema Availability Payment.

Seperti dilansir dari tempo.co, Budi Karya menjelaskan, pembangunan infrastruktur transportasi membutuhkan dana sekitar Rp 1.150 triliun.

Tetapi APBN hanya mampu menyediakan kurang lebih setengahnya. Karena itu, Pemerintah membutuhkan partisipasi dari pihak swasta dalam pembangunan infrastruktur dengan.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Wakil Wali Kota Parepare Harap Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak Menurun

Bimtek Penyusunan Anggaran dan SIPD, Taufan Pawe Tekankan Parepare Selalu Jadi Percontohan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar