Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak Saat Pandemi

Terkini.id – Di tengah meningkatnya khasus positif covid pada anak, menjaga daya tahan tubuh anak menjadi kian penting dan perlu diperhatikan, pasalnya tidak sedikit orang tua yang lalai dalam mengoptimalkan daya tahan tubuh anaknya.

Menurut dr. Muliaman Mansyur, setiap orang tua perlu untuk terus menjalankan protokol kesehatan dan melakukan langkah pencegahan lainnya, disamping itu orang tua juga perlu memberikan perhatian khusus pada anak agar terhindar dari berbagai ancaman virus yang mengkhawatirkan.

“Orang tua perlu membatasi aktivitas di luar rumah termasuk untuk anak-anak mereka. Jika memang terpaksa, orang tua harus jalankan selalu protokol kesehatan saat pulang ke rumah. Selain itu, orang tua harus lebih bijak dalam hal meningkatkan daya tahan tubuh anak agar terlindungi dari virus dan tidak menjadi korban di masa pandemi ini, serta memberikan terus stimulasi yang sesuai dengan usia anak sehingga tumbuh kembangnya dapat terus optimal,” ungkap dr. Muliaman

Menjaga daya tahan tubuh anak bisa dengan memberikan nutrisi dan gizi yang seimbang pada anak, selain itu konsumsi vitamin C, D dan E bisa membantu menunjang daya tahan tubuh anak. Selain itu, orang tua juga perlu memperhatikan konsumsi makanan anak, saat ini banyak sekali beredar makanan siap saji yang nol nutrisi atau justru membahayakan tubuh jika terus menerus dikonsumsi, sehingga orang tua perlu berperan secara aktif dalam membantu menjaga kesehatan anaknya.

“Nutrisi dengan gizi sehat dan seimbang berperan penting supaya sel-sel dalam tubuh menjadi lebih baik sehingga kalau ada yang rusak, itu bisa diperbaiki, termasuk sel-sel imun. Perhatikan juga nutrisi makro dan mikro pada anak, serta jadwalkan makan yang teratur yaitu 3x makan besar dan jam snacking. Selain itu, orang tua juga perlu memberikan nutrisi tambahan yang mengandung sinergi probiotik dan prebiotik, serta vitamin C, D dan E sebagai penunjang daya tahan tubuh anak.”  ungkap dr. Muliaman

Mengonsumsi sayur, buah-buahan, dan susu telah terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh pada anak.

Bagikan