Mentimun Pelengkap Hidangan dengan Segudang Manfaat

Terkini.id, – Buah mentimun sering kita jumpai di rumah makan atau restoran sebagai pelengkap hidangan. Biasanya hanya disuguhkan dengan cara diiris tipis sebagai tambahan menu lalapan atau dibuat acar.

Mentimun mengandung 95 persen kadar air sehingga ketika kita mengonsumsinya bisa membantu tubuh mengatasi dehidrasi. Selain itu mentimun sangat kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungannya kaya akan vitamin terutama vitamin C.

Selain dimakan sebagai lalapan atau dibuat acar, mentimun juga digunakan untuk pemakaian luar di daerah kulit.

Baca Juga: Suka Nasi Goreng? 3 Bahan Favorit Berikut Ternyata Berpotensi Bahaya...

Dilansir dari Boldsky.com, berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh ketika kita mengonsumsi mentimun.

Mentimun dan kunyit bahan alami mengatasi ketiak hitam

1. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut
Mentimun sering digunakan oleh ahli kecantikan sebagai campuran dalam pembuatan produk perawatan kulit. Seperti sebagai pembersih wajah atau sebagai toner untuk wajah yang sangat baik untuk mengatasi masalah kulit seperti meringkas pori dan menghaluskan kulit wajah. Membantu mengatasi ketiak hitam ditambahkan dengan kunyit. Mentimun juga sangat baik mengurangi iritasi kulit akibat sengatan sinar matahari.

Mengaplikasikan mentimun ke wajah dengan menggosokkan ke kulit wajah yang teriritasi atau ke seluruh permukaan kulit wajah. Selain berguna untuk kulit wajah juga bisa memberikan kesegaran pada mata dan meringankan bengkak di bawah mata. Cukup ambil dua potongan mentimun dan tempelkan ke mata sambil mata dipejam. Tunggu sampai 15 menit atau lebih sambil tiduran.

Mentimun juga kaya akan sulfur dan silicon yang membantu pertumbuhan rambut sehat. Mengonsumsi mentimun setiap hari akan membantu merawat rambut tetap sehat.

2. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah
Mentimun sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita diabetes karena fungsinya yang bisa mengontrol kadar gula darah.

Anda bisa mengonsumsinya dengan makan buah seperti biasanya atau dibuat menjadi minuman jus. Minum jus mentimun dapat membantu meningkatkan hormone khusus yang diperlukan oleh sel-sel pankreas dalam memproduksi insulin.

3. Membantu Tubuh Melawan Kanker
Kandungan 3 lignan dalam mentimun yaitu pinoresinol, lariciresinol dan secoisolariciresinol yang berfungsi membantu mengurangi risiko jenis kanker seperti kanker ovarium, kanker payudara, kanker prostat hingga kanker rahim.

4. Membantu Mengurangi Sakit Kepala dan Mabuk
Kandungan vitamin B, gula dan elektrolit yang penting bagi nutrisi tubuh membuat mentimun sangat baik untuk dimakan sebelum berangkat tidur. Mengunyah beberapa irisan mentimun sebelum tidur dapat membantu mengurangi sakit kepala dan mabuk saat terbangun di pagi hari.

5. Membantu Menurunkan Kolesterol
Mentimun mengandung sterol, salah satu senyawa yang membantu mengurangi atau menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

6. Membantu Mengontrol Tekanan Darah
Kandungan magnesium, kalium dan serat yang kaya dalam mentimun dapat membantu mengontrol tekanan darah Anda. Mengonsumsinya secara rutin menjaga tekanan darah selalu stabil, tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

7. Membantu Menurunkanan Berat Badan
Mentimun merupakan makanan rendah kalori sehingga membantu menjaga tubuh tidak bertambah gemuk, membantu badan memiliki berat ideal. Mengonsumsinya setiap hari bisa membantu menurunkan berat badan berlebih. Mengonsumsinya bisa dibuat acar ditambahkan jeruk nipis tanpa gula bisa membantu menurunkan berat badan lebih baik.

8. Membantu Meredakan Nyeri Sendi dan Encok
Di dalam mentimun kaya akan kandungan silika yang berfungsi memperkuat jaringan sendi. Kandungan kalsium, magnesium, folat, potassium dan kaya akan vitamin A, C, D, B1 dan B6 membantu mengatasi nyeri persendian, encok dan menurunkan kadar asam urat.

Bagikan