Meski Kiamat, Hewan Ini Tetap Bisa Selamat

Terkini.id – Hari kiamat menjadi akhir dunia dan menghancurkan seluruh kehidupan. Namun, ternyata, diduga ada 6 hewan yang bakal selamat dari kiamat. 

Ada banyak bencana yang dapat memusnahkan kehidupan manusia, mulai dari perang nuklir hingga asteroid yang menabrak planet ini. Jika saja semua itu terjadi, manusia mungkin tidak selamat hidup-hidup. 

Tetapi ini lima hewan yang memastikan diri mereka aman dari kiamat melansir detikcom, Senin, 22 November 2021. 

1. Beruang Air

Beruang air atau tardigrade disebut sebagai hewan terkuat di Bumi. Padahal ukuran tubuh mereka tidak lebih dari satu milimeter. Dikutip dari National Geographic, tardigrade diperkirakan akan terhindar dari kepunahan selama enam miliar tahun ke depan.

Mereka akan aman dari asteroid, karena dapat hidup di ventilasi vulkanik di dasar lautan. Tardigrade juga dapat bertahan hidup tanpa makanan atau air hingga 30 tahun, tidak terpengaruh oleh suhu ekstrem atau paparan radiasi, dan bahkan dapat hidup di luar angkasa.

2. Semut kayu merah

Para ilmuwan membuktikan bahwa semut kayu merah atau nama latinnya Formica rufa lebih siap mengetahui apakah semut di antara mereka telah terinfeksi patogen atau virus jika dibandingkan dengan manusia. Bahkan sebelum suatu penyakit sempat menyebar, semut akan membunuh anggota mereka yang terinfeksi.

Semut juga dapat bertahan hidup di hampir semua iklim, termasuk di cuaca seperti di Gurun Sahara. Ada juga spesies semut air yang hidup di laut. Mereka terhubung di darat dan laut.

3. Mummichog

Mummichog memiliki beberapa nama berbeda, seperti killifish atau ikan lumpur kecil. Beberapa jenis dari ikan ini telah cukup beradaptasi untuk bertahan hidup di sungai yang 8.000 kali lebih beracun.

Secara umum, ikan ini sangat mudah beradaptasi. Mereka dapat hidup di air tawar dan air asin, dan sepenuhnya mengendalikan genom mereka. Mumichog memiliki kemampuan untuk menghidupkan dan mematikan gen tergantung pada lingkungan mereka.

4. Kalajengking

Kalajengking sangat mudah beradaptasi. Mereka dapat bertahan hidup di gurun, hutan, dan bahkan gunung. Menurut National Geographic, para peneliti telah membekukan kalajengking dalam semalam untuk melihat apakah mereka mencair dan bisa tetap hidup.

Kalajengking juga dapat memperlambat laju metabolisme mereka ke titik di mana mereka dapat bertahan hidup selama satu tahun penuh.

1 2
Selanjutnya
Bagikan