Terkini.id, Jakarta – Sebuah brand atau merek ternama juga memiliki haters yang membuat brand tersebut jelek sehingga rating yang diberikan menurun drastis, hal ini membuat Microsoft menjadi merek yang paling dibenci menurut laporan RAVE Review.
Dilansir dari Kompas, tingkat kebencian orang Indonesia terhadap Microsoft sendiri tercatat sebesar 51, 35 persen, namun tak hanya Indonesia. Riset tersebut juga mengungkapkan jika Microsoft menjadi merek yang tidak disukai 22 negara, termasuk di markas besarnya Amerika Serikat.
Menjadi brand yang paling dibenci di dunia membuat Microsoft dikenal sebagai pembuat teknologi “paling dibenci” di seluruh dunia.
Dalam laman RAVE Review diungkapkan jika ” Di dunia ada banyak orang memiliki Iphone dan Macbook, jadi tidak heran jika Microsoft menjadi salah satu merek paling dibenci di seluruh dunia saat ini.
Sebagai perbandingan, Facebook menjadi merek paling dibenci di 14 negara. Hal ini merupakan jumlah yang sama dengan Google.
- Eks Timnas U-19 dan Senior Indonesia Putuskan Berhenti Bermain Sepakbola di Usia Produktif
- Di Hadapan Mendagri, Pj Gubernur Inflasi di Sulsel Terbaik di Indonesia
- Benny Rhamdani Minta Pekerja Migran Indonesia Dimuliakan: Mereka Pahlawan Devisa
- Taufan Pawe Tegaskan 38 Ketua DPD I Golkar se-Indonesia Solid Untuk Airlangga
- Taufan Pawe Dukung Koalisi Golkar dan PDIP, Demi Bangsa Indonesia Semakin Maju dan Sejahtera
Di sisi lain Sony menjadi merek global yang populer dan dibenci di 10 negara, merk Sony bukan cuma merujuk pada gaming. Namun, sebagai produsen elektronik dan produser film.
Dilansir dari Kompas, nama Microsoft di Indonesia pun memiliki riwayat kurang menyenangkan di benak netizen tanah air, bermula saat perusahaan yang bermarkas di Redmond Washington, AS merilis laporan Digital Civility Index (DCI) yang memuat daftar negara dengan tingkat kesopanannya.
Indonesia yang menempati urutan ke 29 dari 32 yang disurvei, artinya Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat kesopanan digital yang rendah di dunia.
Bahkan di kawasan Asia Tenggara, Indonesia berada di urutan terbawah. Netizen kemudian merespon survei ini dan membanjiri kolom komentar akun instagram resmi Microsoft dengan komentar negatif.
Hal ini seolah-olah membenarkan label “tidak sopan” sebgaimana hasil survei Microsoft tersebut. Bahkan akun resmi Microsoft harus menutup kolom komentar untuk membendung ujaran kebencian dari Indonesia.
referensi:
https://tekno.kompas.com/read/2021/10/01/10010017/microsoft-jadi-merek-paling-dibenci-di-indonesia?page=all
https://www.tek.id/tek/microsoft-jadi-perusahaan-yang-paling-dibenci-di-twitter-b2cAH9mlJ