Microsoft Luncurkan Tablet Murah Seharga 5 Jutaan, Ini Penampakannya

tablet murah
Tablet Surface Go keluaran terbaru Microsoft. (pcmag.com)

Terkini.id – Perusahaan raksasa software Amerika, Microsoft, kembali merambah segmen tablet dengan meluncurkan tablet Surface Go yang telah menggunakan sistem operasi Windows 10, lengkap dengan kickstand untuk menopangnya.

Desain tablet ini mirip dengan ‘kakak tertuanya’ yang telah lebih dulu dirilis Microsoft, Surface Pro. Meskipun memiliki desain mirip Surface Pro dari kelas premium, namun Surface Go dibanderol dengan harga lebih terjangkau.

Microsoft rencananya akan membanderol tablet Surface Go seharga 399 dollar AS atau setara Rp 5,7 juta.

Lantaran harganya sebanding dengan iPad, lalu menggunakan OS desktop seperti MacBook, Surface Go disebut-sebut bakal bisa bersaing di pasar tablet.

tablet murah
Surface Go. (foto/fossbytes.com)

Surface Go memiliki layar 10 inci

Dilansir dari KompasTekno, Rabu, 11 Juli 2018, Surface Go memiliki layar berukuran 10 inci, dengan aspect ratio 3:2 serta resolusi (1.800 x 1.200 piksel). Pada bagian atas layar ini ada sebuah kamera depan yang bisa dipakai memindai wajah pengguna.

Microsoft juga telah menyematkan port USB C 3.1 di Surface Go yang bisa dipakai untuk memindahkan data hingga menayangkan video ke perangkat eskternal.

Baca :Samsung Galaxy S10 Layar 5 Inch Dikabarkan Segera Dirilis

Port USB C 3.1 tersebut seperti pada MacBook keluaran terbaru, berfungsi untuk mengisi daya tablet. Ada pula Surface Connector yang membuat tablet ini bisa menempel ke docking atau keyboard.

Sama dengan Surface Pro, bezel atau bingkai layar pada Surface Go ini cenderung tebal. Meski demikian, bezel tersebut menjadi tempat untuk memegang tablet tanpa menyentuh layar, serta memungkinkan attachment keyboard lebih lebar.

tablet murah
Surface Go. (foto/windowscentral.com)

Kekurangan Surface Go

Kekurangannya hanyalah tampilan yang terkesan lebih lawas, apalagi bila disandingkan dengan iPad terbaru yang memiliki bezel tipis.

Namun meski demikian, Microsoft juga merilis aksesori pelengkap Surface Go, yakni Type Cover yang merupakan casing sekaligus keyboard, stylus Surface Pen untuk menulis, serta Surface Mobile Mouse.

Surface Go mengusung chipset Intel Pentium Gold 4415Y untuk prosesor Intel Pentium Di bagian dalamnya. Prosesor tersebut merupakan model generasi ke tujuh dan memiliki dua inti CPU. Model ini dipilih karena dinilai seimbang antara kinerja, konsumsi daya dari baterai, serta desain yang tipis dan fanless.

Baca :YouTube Bakal Hadirkan Fitur "Penyamaran" Incognito

Selain itu, pengguna bisa memilih antara membeli tablet ini dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB seharga 399 dollar AS atau RAM 8 GB dan memori internal 128 GB seharga 549 dollar AS (Rp 7,9 juta).

tablet murah
Surface Go. (foto/bgr.com)

Sistem Operasi Surface Go

Sebagaimana dilansir dari The Verge, sistem operasi yang disematkan di Surface Go adalah Windows 10 dalam mode S. Maka dari itu, pengguna hanya bisa mengakses browser Edge serta aplikasi yang ada di Microsoft Store.

Namun jangan khawatir, seperti halnya perangkat lain, pengguna juga bisa beralih ke Windows 10 versi reguler secara gratis jika mereka menginginkannya.

Saat ini Microsoft sudah mulai membuka pemesanan untuk Surface Go. Tablet murah ini juga telah tersedia di beberapa negara seperti AS, Kanada, Perancis, Jerman, Australia dan Selandia Baru.

Pada Agustus 2018 mendatang, Microsoft akan mengirim Surface Go ke negara-negara lainnya, termasuk negara-negara Asia seperti Singapura, Malaysia, Korea, Jepang, dan Hong Kong.

tablet murah
Surface Go. (foto/theverge.com)