Mie ala Italia ini sangat digemari, yuk cicipin di Waroenk Kupang

Di Italia, mie yang dikenal sebagai spageti atau spaghetti sangat digemari dan tidak kalah dengan penganan piza yang sudah populer di seluruh dunia. / Effendy Wongso

TERKINI.id, KUPANG – Mie ala Italia ini sangat digemari, yuk cicipin di Waroenk Kupang. Sebagai salah satu negara di Asia, dengan populasi penduduk terbanyak setelah Tiongkok dan India, Indonesia lazimnya negara-negara Asia lainnya memiliki masyarakat gemar makan nasi sebagai makanan pokok.

Akan tetapi, selain nasi masyarakat Asia lainnya juga gemar makan makanan berbahan mi atau kerap disebut mie. Mie bahkan menempati posisi kedua tertinggi dikonsumsi warga Asia, tidak terkecuali di Indonesia.

Namun, bagaimana dengan negara di Eropa misalnya? Jangan salah, meskipun kebanyakan warganya tidak menjadikan nasi sebagai makanan pokok, mie di beberapa negara Eropa juga digemari.

Di Italia, mie yang dikenal sebagai spageti atau spaghetti sangat digemari dan tidak kalah dengan penganan piza yang sudah populer di seluruh dunia.

Sebagai resto dan kafe pelopor menu unik dan lezat di Kota Kupang, Waroenk yang beralamat di Jalan WJ Lalamentik, Oebufu, juga tidak mau ketinggalan menyajikan menu berbahan mie. Sebut saja varian Cwie Mie Ayam dan Bakmi Goreng Waroenk, serta tentu saja spaghetti.

Baca :Datang yuk ke Warunk Upnormal Makassar, ada promo menu selama September

“Menu spaghetti di Waroenk dapat dikatakan unik dan berbeda dibandingkan yang disajikan di kebanyakan tempat lain. Beda, karena kami memang meraciknya secara orisinal sehingga otentik spaghetti Italia,” jelas owner Waroenk, Steven Marloanto saat ditemui belum lama ini.

Ia menambahkan, otentikasi yang dimaksudnya tidak lain lantaran penggunaan bumbu-bumbu khas “Italiano” yang menambah kelezatan Italian Food pihaknya.

Adapun menu-menu spaghetti yang ditawarkan Waroenk, sebut Steven, di antaranya Spaghetti Bolognese yang dibanderol sangat terjangkau Rp 35 ribu, Tuna Aglio Olio Rp 30 ribu, Beef Alfredo 40 ribu, dan Pepe Nero Rp 35 ribu.

“Semua menu spaghetti kami disukai pelanggan, tetapi rating Tuna Aglio Olio boleh dibilang lebih baik sesuai daftar permintaan tamu yang mencicipinya,” kata Steven.

Sekadar diketahui, spaghetti adalah mie Italia yang berbentuk panjang seperti lidi, umumnya dimasak sekitar sembilan hingga 12 menit dalam air mendidih.

Makanan ini juga disebut “al dente” yang artinya tidak lengket di gigi, tidak terlalu mentah ataupun terlalu matang. Cara memakannya bervariasi tetapi yang sangat terkenal adalah spaghetti alla Bolognese, yaitu disajikan bersama saus daging cincang lalu ditaburi keju parmesan parut.

Baca :Aston Makassar Persembahkan Spaghetti Aglio with Chicken Parmigiana di Maret 2017

Hampir setiap orang mengira spaghetti adalah bakmi yang dibawa pulang Marco Polo dalam perjalanannya dari Tiongkok. Tetapi, setelah diselidiki banyak pihak, sejak zaman dulu bangsa Romawi yang menang dari medan perang selalu menyantap spaghetti. Sementara, Marco Polo kembali dari Tiongkok pada tahun 1292.

Spaghetti merupakan salah satu jenis pasta yang telah dikenal bangsa Italia sejak zaman manusia bercocok tanam sekitar 10 ribu tahun lalu. Makanan tersebut berasal dari tepung yang dihasilkan lalu diolah sedikit air dan telur, sehingga menjadi sebuah adonan yang disebut pasta.

Pasta ini lalu digiling tipis menjadi lembar per lembar, merupakan induk pasta yang dikenal sebagai Lasagna. Selanjutnya, baru berkembang jenis-jenis pasta lainnya seperti Fusili, Penne, Tagliatelle, dan lain-lain.

PenulisWong