Minat Vaksinasi Booster? Jangan Kaget Jika Nantinya Alami Gejala Ini, Berikut Efek Samping 5 Vaksin Booster yang Perlu Kamu Tahu

Terkini.id, Jakarta – Kamu sudah vaksinasi booster? Atau mungkin berminat untuk ikut vaksinasi booster? Jika iya, maka keputusan tepat membaca artikel ini.

Seperti diketahui, Pemerintah RI melalui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah memberikan izin penggunaan darurat (EUA) terhadap lima jenis vaksin yang akan digunakan dalam program vaksin booster atau vaksin dosis ketiga.

Berdasarkan informasi melalui situs Pom.go.id, sebagaimana dilansir dari Suara, jaringan terkini.id, pada Sabtu, 15 Januari 2022, jenis vaksin yang digunakan untuk booster antara lain Sinovac (CoronaVac), AstraZeneca, Moderna, Zifivax, dan Pfizer.

Baca Juga: Kapolri Minta Perusahaan Liburkan Karyawan Lebih Cepat Untuk Hindari Kemacetan...

Namun, tentu saja vaksin booster yang akan diberikan itu memiliki efek samping tersendiri bagi penerimanya.

Lalu kira-kira bagaimana penjelasan selengkapnya terkait efek samping vaksin-vaksin booster tersebut? Yuk simak!

1. Sinovac

Baca Juga: Terkait Status Vaksin Saat Mudik, Wagub DKI : Jangan Sampai...

Vaksin Sinovac merupakan vaksin pertama yang telah memperoleh izin penggunaan darurat pada Januari 2021 silam.

Efek samping yang dialami setelah melakukan vaksinasi Sinovac, yaitu seperti nyeri bekas suntikan, nyeri pada otot, pembengkakan pada area suntikan, sakit kepala, dan bisa menyebabkan diare.

2. AstraZeneca

Vaksin AstraZeneca ini memiliki efek samping yang ringan hingga berat yang bisa dialami siapa pun yang menggunakan vaksin ini.

Baca Juga: Terkait Status Vaksin Saat Mudik, Wagub DKI : Jangan Sampai...

Efek samping yang dialami setelah melakukan vaksinasi AstraZeneca adalah nyeri bekas suntikan, sakit kepala, demam, tubuh menggigil, myalgia, malaise, nyeri sendi, hingga kelelahan.

3. Moderna

Vaksin Moderna atau vaksin mRNA memiliki efek samping yang tidak jauh berbeda dengan jenis vaksin lainnya.

Efek samping dari vaksin Moderna ini, yaitu seperti sakit kepala, lemas, demam, menggigil, ruam, nyeri otot, dan mengalami mual.

4. Pfizer

Vaksin Pfizer memiliki efek samping yang umum dan tidak berbeda jauh dengan merek vaksin lainnya yang digunakan di Indonesia. Efek samping tersebut seperti nyeri otot, nyeri sendi dan demam.

5. Zifivax

Vaksin Zifivax yang dikembangkan oleh Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical telah memenuhi izin penggunaan darurat pada Oktober 2021 silam.

Efek samping dari vaksin ini umumnya tidak jauh berbeda dengan vaksin lainnya, yaitu mengalami sakit kepala, demam, menggigil, hingga kelelahan.

Bagikan