Monumen Perjuangan Laskar Ganggawa Akan Direhab Pemkab Sidrap

Monumen Perjuangan Laskar Ganggawa

Terkini.id, Sidrap – Pemerintah Kabupaten Sidrap dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidrap dalam waktu dekat akan merehabilitasi Monumen Perjuangan Laskar Ganggawa, Kelurahan Lakessi, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Seksi Cagar Budaya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Baktiar Said, Jumat, 14 Desember 2018.

Menurutnya saat ini, pihaknya masih melakukan survei di Monument Laskar Ganggawa guna untuk mengecek apa yang perlu direhab.

“Setelah disurvei, ada beberapa hal yang akan kita rehab termasuk Goa yang kedalamannya kurang lebih 3 Meter. Goa ini disebut sebagai tempat persembunyian Laskar Ganggawa tersebut di zaman penjajahan yang dipimpin langsung oleh Andi Cammi,” kata Baktiar.

“Rehab yang dilakukan di Goa Laskar Ganggawa tersebut akan kita perbaiki. Kita akan Tehel dengan lampu hias. Rencana Goa tersebut kita pajang foto para pahlawan laskar Ganggawa tersebut,” sambungnya.

Selain Rehab Goa Laskar Ganggawa, lanjut Baktiar, taman Monumen ganggawa tersebut akan kita perbaiki dengan memasang lampu penerangan sehingga Taman itu indah dipandang oleh para pengunjung.

“Bahkan Kolam yang mengelilingi Goa Laskar Ganggawa tersebut akan kita benahi. Rencana jembatan dan Kolam tersebut akan kita pasangkan Air Mancur sehingga nampak lebih indah,” kata Baktiar.

Saat ini, pihaknya sementara menyusun program anggaran rehab untuk diajukan ke Pemkab Sidrap dan kemungkinan besar rehab Monumen Laskar Ganggawa ini akan dilaksanakan pada awal Januari 2019 mendatang ini.

“Diperkirakan rehab Monumen Ganggawa ini memakan dana kurang lebih Rp500 juta,” pungkasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini