Mudah, Begini Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Android

Tanda Tangan Digital
Ilustrasi Tanda Tangan Digital (sumber : PrivyId)

Terkini.id, – Seiring berkembangnya teknologi di era digital, tanda tangan digital pun sudah mulai marak digunakan.
Biasanya tanda tangan dibubuhkan di atas kertas menggunakan bolpoin sebagai tanda persetujuan atau memberi informasi data diri.

Cara lama bertanda tangan di atas kertas ini mulai beralih ke tanda tangan elektronik. Selain menghemat kertas juga berdampak baik pada pemeliharaan lingkungan dengan membantu menekan penebangan pohon.

Tanda tangan digital memiliki banyak kelebihan dibandingkan tanda tangan konvensional yang berisiko sering dipalsukan. Melalui teknologi asymmetric cryptography menjamin keamanan tanda tangan berbentuk digital.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Android (sumber : kominfo.id)

Cara membuat tanda tangan digital di android bisa menggunakan cara berikut seperti dilansir dari liputan6 :

Tanda Tangan Digital Menggunakan Aplikasi PrivyID – Digital Signature
Perusahaan penyedia identitas tanda tangan digital bernama Privy Identitas Digital (PrivyID) secara resmi telah mengantongi otoritas untuk menerima pendaftaran, memverifikasi, serta menerbitkan sertifikat elektronik dan tanda tangan elektronik bagi warga Indonesia.

Caranya Anda bisa gunakan aplikasi PrivyID yang tersedia di Playstore untuk membuat tanda tangan digital yang aman.
Sebelumnya Anda harus membuat akun PrivyID dan diharuskan untuk mengunggah foto diri dan E-KTP, serta data pribadi seperti email, nomor telepon, tanda tangan dan informasi lainnya.

Informasi data tersebut akan diverifikasi dan dipetakan secara unik oleh PrivyID. Dicocokkan dengan data pemerintah dan sertifikasi lembaga-lembaga internasional seperti ISO (International Organization for Standardization) dan IEC (International Elecrotechnical Commission).

Tanda Tangan Digital Menggunakan Aplikasi Digital Signature
Menggunakan Tanda Tangan Digital bisa dilakukan juga dengan aplikasi bernama Digital Signature. Anda bisa mencari di Playstore kemudian mengunduh aplikasi tersebut. Setelah selesai diunduh, buka aplikasi tersebut dan izinkan beberapa permintaaan akses agar bisa menggunakan aplikasi Digital Signature. Kemudiak klik pilihan ‘Make Signature untuk melanjutkan.
Anda bisa memilih jenis alat tulis, ukuran ketebalan tinta, pilihan warna tinta dan bisa mengubah tanda tangan dan menghapus jika salah.

Tanda tangan digital yang terbaik yang Anda telah buat bisa disimpan dengan cara klik symbol paling bawah berwarna hijau dan jadilah tanda tangan digital Anda Tanda tangan digital tersebut akan tersimpan dalam format gambar png.

Mengingat pentingnya menggunakan tanda tangan digital di era digital ini, oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Pajak telah menggunakan sistem ini dalam proses pengurusan faktur pajak.

Selain menghemat penggunaan kertas dalam jumlah banyak juga menghindari tindakan cyber crime yang marak terjadi di Indonesia.

Tanda Tangan digital telah diakui dan disahkan tertera dalam UU Nomor 11 Tahun 2008 Pasal 11 ayat 1 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), lalu Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 Pasal 52 ayat 1 dan 2 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

Komentar
Terkini
Tekno

Tahun Depan, Bisa Kirim Uang lewat Whatsapp

Terkini.id, Jakarta - Aplikasi chatting paling populer, Whatsapp, sedang mengembangkan fitur baru yang bisa menyimpan dan mengirimkan uang ke sesama pengguna.Whatsapp tentu akan menjadi