Mulai Besok, WhatsApp Batasi Pesan Terusan Hanya 5 Kali

Terkini.id – Belum lama ini WhatsApp membuat keputusan untuk membatasi pesan terusan bagi penggunanya yakni hanya sebanyak 5 kali.

Dilansir dari BBC, keputusan pembatasan ini akan berlaku bagi penggunanya di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

“Fitur meneruskan pesan akan diseragamkan menjadi lima untuk Indonesia dan global,” kata Wakil Direktur Kebijakan Publik dan Komunikasi¬†WhatsApp, Victoria Grand, kepada wartawan, Senin, 21 Januari 2019.

Baca Juga: Hasil Survei: Jokowi Sudah Jadi Korban Hoaks Sejak 2014

Pertama kali, perusahaan milik Facebook ini menerapkan aturan tersebut di India. Harapannya agar platform ini dapat mencegah penyebaran berita palsu alias Hoaks.

Diketahui, WhatsApp saat ini telah digunakan oleh 1,5 miliar penduduk dunia. Sebelumnya, user WhatsApp dapat meneruskan pesan sampai ke 20 kontak.

Pembatasan sebanyak hanya 5 kontak dipandang efektif untuk mencegah hoaks beredar di grup-grup WhatsApp. Aturan ini akan berlaku di Indonesia mulai Selasa besok, 22 Januari 2019.

Keputusan ini diambil setelah berdiskusi dengan berbagai pihak di Indonesia, termasuk Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Dengan membatasi sebuah pesan hanya dapat diteruskan lima kali, Victoria Grand menilai jika ada perilaku yang mencurigakan, pesan tersebut dapat dilacak ke lima pesan sebelumnya.

Pihak WhatsApp juga menyadari 90% pesan yang beredar di platformnya merupakan pesan pribadi, sisanya dapat berupa pesan-pesan yang lain.

“Pembatasan forward ini secara signifikan menurunkan pesan yang diteruskan di seluruh dunia,” sebut¬† Victoria Grand mengambil contoh di India.

Bagikan