Mulai Desember, WhatsApp Bakal Tuntut Pengguna yang Mengirim Spam Chat

Desember
Mulai Desember 2019, WhatsApp bisa menuntut secara hukum pengguna yang spam chat. (Foto: oketkeno)

Terkini.id – Aplikasi WhatsApp di bulan Desember 2019 mendatang bakal memperketat peraturan bagi pengguna dalam menggunakan fitur aplikasinya.

Peraturan tersebut terkait fitur pesan terusan ke banyak kontak. Dilansir dari Akurat melalui laman Times Now, Selasa 18 Juni 2019, bagi pengguna yang terlalu banyak mengirim chat ke kontaknya akan menghadapi tindakan hukum.

Ketentuan baru layanan itu diambil sebagai langkah dalam menghadapi ancaman hoaks atau berita palsu dan menjaga keamanan platformnya. Informasi ini pun telah tetera di halaman resmi WhatsApp pada bagian FAQ.

“Mulai 7 Desember 2019, WhatsApp akan mengambil tindakan hukum terhadap mereka yang terlibat atau membantu orang lain dalam penyalahgunaan ketentuan layanan kami,” tulis WhatsApp di bagian FAQ platformnya.

“Pengiriman pesan otomatis atau secara massal dan penggunaan non-pribadi kini menjadi salah satu tindakan yang melanggar peraturan, di mana WhatsApp memiliki hak untuk membawa masalah ke jalur hukum,” sambungnya.

WhatsApp punya hak menegakkan persyaratan dalam platformnya

Desember
Ilustrasi chat WhatsApp. (Foto: thedailyoctagon)

Sebelumnya, platform pesan milik Facebook itu hanya akan menghapus atau melarang akun pengguna yang menyalahgunakan fitur pesan siaran (terusan) pada aplikasi.

Kini, WhatsApp dapat menuntut pengguna yang ketahuan mengirim pesan terlalu banyak ke kontak mereka.

WhatsApp bersikeras bahwa pembatasan ini adalah hak dari perusahaan untuk menegakkan persyaratannya dalam menggunakan teknologi.

Oleh karena itu, mulailah berhati-hati ketika ingin mengirim terlalu banyak pesan terusan di platform ini.

Berita Terkait
Komentar
Terkini