Mulai Langka, Peneliti Temukan Udang Galah di Sungai Maros

Infografis Terkini.id / Atika

Terkini.id, Maros – Sejumlah peneliti menemukan udang galah saat mencari sampel ikan endemik di sungai sekitar Permandian Bantimurung, Maros. Penemuan ini termasuk membahagiakan bagi peneliti, karena sebelumnya udang galah disebut masuk kategori hewan langka di Kabupaten Maros.

“Kami dapat 10 ekor,” kata Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian YAPI Bone Syainullah Wahana kepada Makassar Terkini, Kamis 7 Juni 2018.

Syainullah mendampingi mahasiswa program S3 IPB sedang meneliti ikan endemik di Sulawesi. Bersama nelayan penangkap ikan hias, peneliti mencari sampel di sungai Bantimurung. Penangkapan ikan masih menggunakan alat tradisional.

“Ada beberapa ikan yang nelayan dapatkan. Tapi saya lebih tertarik melihat udang galah,” kata Syainullah.

Peneliti menduga, udang galah ini berkembang biak di muara Sungai Maros. Karena air dari Bantimurung masuk ke sungai dan saluran irigasi.

udang galah
Foto : Syainullah Wahana

Penemuan ini direkomendasikan untuk diteliti lebih lanjut. Mengingat permintaan akan udang galah cukup menjanjikan. Masyarakat bisa diajak membudidayakan spesies yang disebut langka di alam ini.

Syainullah mengatakan, ada beberapa ikan endemik di Sulawesi. Seperti ikan Pelangi Sulawesi atau Beseng-beseng, ikan Medaka atau Binisi, ikan Pirik, dan ikan Julung-julung air tawar.

Berita Terkait
Komentar
Terkini