Murid wajib ikut tes narkoba dan psikologi, untuk data base BK

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo mengikuti rapat dengar pendapat di Komisi E DPRD Sulsel, Senin 17 Juli 2017. /Nasruddin

TERKINI.id — Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan mewajibkan seluruh siswa-siswi baru SMA/SMK untuk mengikuti serangkaian tes diantaranya, tes narkoba dan tes psikologi.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo mengatakan, diwajibkan siswa-siswi mengikuti tes narkoba dan psikologi bertujuan untuk data base Badan Kehormatan (BK) sekolah.

“Tes narkoba penting supaya BK bisa tahu kondisi siswa-siswinnya. Psikologi juga penting untuk mengetahui karakter murid,” jelas Irman dalam rapat dengar pendapat di Komisi E DPRD Sulsel, Senin 17 Juli 2017.

Tes narkoba ini nantinya bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) di seluruh daerah di Sulsel, tanpa dipungut biaya, kecuali bagai daerah yang tidak memiliki BNN, akan dikenakan biaya Rp30 ribu.

“Tetapi itu tidak dibebankan kepada orang tua murid, melainkan menggunakan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah),” ujarnnya.

Pada saat rapat di Komisi E, seluruh anggota dewan mendukung dilakukan tes narkoba dan pisikologi yang wajib diikuti seluruh murid SMA/SMK se Sulsel.