Nabung dari Hasil Mengais Sampah, Impian Nenek Ini ke Tanah Suci Akhirnya Terwujud

Tanah Suci
Impian seorang nenek di Lamongan, Salkah, ke Tanah Suci terwujud dari hasil mengais sampah. (Foto: Kompas)

Terkini.id, Lamongan – Menunaikan ibadah haji di Tanah Suci merupakan impian dan harapan setiap Muslim. Tak terkecuali bagi seorang nenek di Lamongan yang setiap hari mencari rezeki dengan memulung.

Nenek pemulung itu bernama Salkah (75) warga Desa/Kecamatan Pucuk, Lamongan. Ia rela menabung selama 25 tahun untuk mewujudkan impiannya menjadi tamu Allah di Tanah Suci.

“Sudah cukup lama Mas. Wong saya kumpulkan duit ada paling 25 tahunan, Alhamdulillah akhirnya bisa juga berangkat (haji, red),” kata Salkah, dikutip dari Detik, Rabu, 17 Juli 2019.

Salkah sendiri bakal berangkat ke tanah suci bersama dengan jemaah calon haji asal Lamongan yang lain, yang tergabung dalam kloter 78.

“Siapa pun yang beragama Islam, pasti ingin berangkat haji, termasuk saya. Sudah 25 tahun saya menanti, alhamdulillah sekarang (tahun ini) bisa berangkat,” ujar Salkah.

Sehari-hari, nenek lima orang anak ini menjalankan aktivitasnya mengumpulkan barang rongsokan seperti kardus dan botol plastik bekas di Pasar Pucuk, Lamongan.

Ia kemudian menyisihkan sebagian dari penghasilannya sebagai pemulung, yang berkisar antara Rp 25.000 hingga Rp 50.000, untuk ditabung demi ibadah haji.

Tanah Suci
Selama 25 tahun, Salkah menabung untuk berangkat haji. (Foto: Detik)

Awalnya Salkah hanya ingin umrah

Awalnya, Salkah hanya ingin menjalankan ibadah umrah. Karena selain biaya yang dikeluarkan tak sebanyak haji, juga momen penantian ibadah umrah juga tidak selama haji.

“Tapi saya tidak diperbolehkan sama anak-anak (umrah), disuruh berangkat haji saja. Karena setiap lihat orang berangkat haji, saya memang menangis, jadi anak-anak minta supaya saya naik haji saja,” kata Salkah, dikutip dari Kompas.

Namun penantian Salkah akhirnya terbayar tahun 2019 ini. Ia dan calon jemaah lain asal Lamongan kloter 78 bakal berangkat ke Tanah Suci pada 2 Agustus 2019 mendatang.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Komunitas

Pengurus KONI Cabang Parepare Resmi Dilantik

Terkini.id,Parepare - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Cabang Kota Parepare melaksanakan pelantikan pengurus periode 2018-2022 dan rapat anggota, yang digelar di Barugae, rumah jabatan
Parepare

Parepare Bakal Jadi Tuan Rumah KPID Award 2019

Terkini.id, Parepare - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare bakal menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan penganugerahan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Daerah Sulawesi Selatan.Hal ini terungkap saat