Nasehat Singkat untuk Politisi

Ustaz Shamsi Ali

Terkini.id, – Bukti kelabilan manusia adalah ketika emosi dan nalarnya terhanyut ke dalam keadaan emosi sekitar (environmental emotional state). Salah satunya adalah dalam musim politik segala sesuatu cenderung dipahami dengan rasa dan pandangan politik. Bahkan yang sangat fundamental, agama!

Ironinya politik yang penuh intrik kepentingan dan seringkali penuh dengan kepura-puraan memaksa pandangan hidup mendasar manusia dipenuhi intrik dan kepura-kepuraan. Maka kerap intrik dan kepura-kepura-kepuraan dalam beragama juga menghantui kehidupan manusia.

Konsekwensi masyarakat luas yang sedungguhnya lugu dan apa adanya (jujur) dalam menjalani hidup terpaksa ikut-ikutan atau diikutkan dalam lingkaran intrik dan kepura-puraan itu. Yang mengkhawatirkan masyarakat menerima “kepura-puraan” itu sebagai jalan hidup. Jadilah bangsa nifak

Karenanya diingatkan kepada semua politisi untuk selalu menghadirkan “sense of moral responsibility” (kesadaran tanggung jawab moralitas) dalam politiknya. Jangan halalkan segala cara untuk mencapai tujuan. Secara moral dan agama: kebaikan hanya diuasilkan dengan cara halal.

Ingatlah, life is too short for this game. Bermainlah dengan sadar moralitas dan tanggung jawab ukhrawi. Setiap langkah politik yang anda lakukan, tidak saja berdampak bagi anda sendiri. Tapi bagi rakyat luas. Dan tanggung jawab Anda bukan duniawi semata. Melainkan ukhrawi kelak, di hadapan Mahkamah Ilahi.

Berita Terkait
Komentar
Terkini