Masuk

Negara yang Diprediksi Tertarik Bergabung Jika Piala AFF Masuk Kalender FIFA

Komentar

Terkini.id, Jakarta– Negara-negara ini diprediksi tertarik untuk bergabung ke Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) jika saja Piala AFF masuk ke dalam kalender resmi FIFA.

Diketahui, Gianni Infantino selaku Presiden FIFA memiliki rencana memasukkan Piala AFF ke dalam kalender resmi organisasinya.

Hal tersebut diakui oleh Gianni Infantino saat menghadiri leg kedua final Piala AFF 2022 yang berlangsung di Thailand pada Senin, 16 Januari 2023 lalu.

Baca Juga: Jelang Piala AFF 2022, Egy Maulana Vikri Ungkap Kunci Timnas Indonesia Jika Ingin Juara!

Kehadiran Gianni Infantino ke ajang ini pun tak lepas dari adanya undangan dari FA Thailand. Ini merupakan kali kedua orang nomor satu FIFA itu hadir ke Piala AFF setelah sebelumnya turut hadir pula di Piala AFF 2020.

“Piala AFF harus ditingkatkan masuk ke agenda FIFA (FIFA Days). Kami harus memastikan ajang ini semakin berkembang. Saya yakin jika kita bekerjasama, Piala AFF akan menjadi semakin besar dengan persetujuan FIFA,” kata Gianni Infantino.

Gianni Infantino pun menyebut bahwa masyarakat di Asia Tenggara sangat menyukai sepak bola.

Baca Juga: Sandy Walsh dan Jordi Amat Berpeluang Tampil di Piala AFF 2022 Desember Mendatang bersama Timnas Indonesia

“Turnamen ini dianggap sebagai acara penting di Asia Tenggara. Dengan populasi lebih dari 650 juta orang. Masyarakat di kawasan ini sangat menyukai sepak bola,” kata Gianni Infantino, dikutip dari suara.com jaringan Terkini.id, pada Rabu, 25 Januari 2023.

Dengan adanya rencana tersebut, Piala AFF pun kemungkinan akan masuk dalam kalender resmi FIFA. Apabila hal ini terjadi, ada beberapa negara yang kemungkinan mengantre untuk bergabung AFF.

Kira-kira negara mana saja yang kemungkinan akan mengantre untuk bergabung AFF seiring ada rencana Piala AFF masuk kalender FIFA? Berikut daftarnya.

1. India

India merupakan salah satu negara yang tergabung dalam Federasi Sepak Bola Asia Selatan atau SAFF. Beberapa waktu lalu, negara ini berencana untuk berpindah federasi ke AFF.

Potret Timnas India (Sumber: AFP)