Ngeri, Ini Akibat Jika Anda Doyan Minum Teh Saat Masih Panas

Minum Teh
Kanker Kerongkongan. (foto: kukanker.com)

Terkini.id – Sebuah peringatan bagi pencinta teh. Biarkan teh kamu agak dingin sedikit sebelum meminumnya. Penelitian di China menyimpulkan, kebiasaan itu bisa meningkatkan risiko penyakit kanker esofagus.

Orang yang senang mengonsumsi teh panas, ditambah dengan punya kebiasaan merokok dan minum alkohol, risikonya 5 kali lipat terserang penyakit mengerikan, kanker esofagus (kerongkongan).

Dilansir dari IFL Science, berdasarkan studi baru di Annals of Internal Medicine, meminum teh dalam keadaan masih sangat panas bisa menambah peluang timbulnya kanker kerongkongan. Terutama ketika orang tersebut adalah perokok aktif dan peminum minuman beralkohol.

Penelitian itu bukanlah yang pertama. Ahli fisika asal New York, WL Watson yang pada tahun 1930 telah mengatakan, betapa bahayanya meminum teh dalam keadaan terlalu panas.

“Meminum terlalu banyak teh panas adalah kebiasaan yang sering ditemukan pada pasien kelahiran Rusia penderita kanker kerongkongan yang dirawat di Memorial Hospital,” kata Watson.

Minum Teh
Ilustrasi minum teh. (foto: hellosehat.com)

Meskipun demikian, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Agensi Internasional untuk Riset Kanker pada 2016 menyebut meminum teh yang terlalu panas bukan penyebab pasti kanker kerongkongan. Hal itu masih dinilai menjadi salah satu kemungkinan seseorang menderita kanker kerongkongan.

Pada penelitian tersebut, seorang peneliti asal Cina menemukan bahwa seseorang yang meminum teh terlalu panas, ditambah dengan kebiasaan merokok dan minum alkohol, memiliki resiko lebih besar atas kanker kerongkongan.

Akan tetapi penelitian tersebut juga mengatakan, seseorang yang terbiasa meminum teh panas, tetapi bukan perokok dan tidak minum alkohol, risiko atas kanker kerongkongan tidak besar. Namun, bagi mereka yang perokok dan peminum alkohol, risikonya menjadi lima kali lebih besar.

Minum Teh
Ilustrasi

Para peneliti menemukan, meminum teh yang terlalu panas sekitar 65 derajat Celcius, bisa merusak sel-sel di kerongkongan.

Terkait hal itu, alangkah lebih baik apabila setiap kali ingin meminum teh, tunggulah terlebih dahulu sampai airnya tidak terlalu panas.

Berita Terkait
Direkomendasikan
Komentar
Terkini
Health

Warga Minta Program IAS Digalakkan Kembali

Makassar, Program Makan Makanan Sehat dan Bergizi yang ditujukan untuk anak-anak Sekolah Dasar merupakan salah satu program yang pernah digalakkan oleh pemerintah Kota Makassar
Health

Bahayakah Gas Fogging Nyamuk Jika Kita Hirup?

Terkini.id, - Fogging nyamuk merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk membasmi nyamuk penyebab penyakit demam berdarah.Mewabahnya penyakit demam berdarah di beberapa daerah di
Health

Hasil Penelitian, Gemuk Itu Bisa Menular

Terkini.id - Anda yang berada di sekeliling teman yang gemuk, perlu membaca hasil studi terbaru ini. Peneliti menyatakan, obesitas seharusnya dikategorikan sebagai penyakit menular.Peneliti