Travel

Nikmatnya Wisata Bahari ke Pulau Khayangan, Pulau “Bidadari”

Pulau Khayangan
Pulau Khayangan. (foto: travelingyuk.com)

Terkini.id – Sekarang bukan hanya bidadari saja yang bisa menikmati senja di Pulau Khayangan. Siapa pun juga sudah bisa merasakan nyamannya tinggal di Kepulauan “Khayangan”.

Pulau Khayangan adalah salah satu pulau yang mengitari Makassar dan biasa disebut sebagai kepulauan spermonde. Puluhan pulau-pulau ini bagaikan satelit-satelit yang memiliki ciri-ciri khas tersendiri.

Pulau Khayangan berjarak sekitar ± 800 meter dari daratan Kota Makassar dan berada tepat di depan pelabuhan Soekarno-Hatta.

Pulau ini tidak tercemar oleh polusi sehingga pulau yang memiliki luas ± 1,2 hektar ini merupakan pulau yang sangat alami yang sarat akan fasilitas hiburan dengan didukung oleh armada penyeberangan yang terdiri dari 5 buah kapal reguler dengan daya muat sekitar 40 orang dan jarak tempuh 15 menit serta 2 buah speedboat mewah yang dapat memuat maksimum 20 orang dengan daya tempuh hanya 5 menit ke Pulau Khayangan.

Pulau Khayangan
Pulau Khayangan

Pulau khayangan, pulau yang memiliki potensi wisata yang tinggi. Sejak tahun 1962, pengelolaannya diserahkan kepada pihak swasta. Dan sampai pada akhir tahun 1980-an pulau khayangan menjadi tempat primadona untuk para wisatawan.

Baca :Gandeng bank BNI, Garuda Indonesia gelar pameran akhir tahun di PIPO. Ini promo dan rutenya  

Selepas tahun 1990-an, pulau Khayangan hanya menjadi tempat wisata alternatif, dengan kondisi alam dan fasilitas yang rusak bahkan terlupakan.

Pada jaman Belanda, Pulau Khayangan sempat  menjadi tempat penambatan kapal-kapal bunker armada perang dan penyimpanan logistik perang.

Seiring dengan proses pembentukan alam, kapal-kapal perang yang dulu karam di pulau ini sekarang sudah tertimbun oleh pasir-pasir pantai yang indah dan alami. Akan tetapi masih sering ditemukan sisa-sisa kepingan kapal dan barang-barang logistik perang.

Berenang di Pulau Khayangan paling aman dan sehat pada sisi timur dikarenakan bentengan pasir putih yang luas dan landai, karena berenang di air laut juga merupakan terapi kesehatan.

Sementara di sisi barat Pulau Khayangan agak berkarang namun merupakan area yang ideal untuk menikmati matahari terbenam dengan “ocean view” yang lapang.

Pulau Khayangan
Pulau Khayangan

Pengelolaan Pulau Khayangan sekarang ditangani oleh pihak swasta dan profesional. Saat ini pengembangkan Pulau Khayangan sebagai sarana rekreasi dan pusat wisata bahari dikelola oleh tangan-tangan handal PT. Putra Putra Nusantara.

Baca :3 Spot Wisata di Bantaeng Ini Punya Pesona Alam yang Menakjubkan

Untuk memperbaiki image “buruk” Pulau Khayangan beberapa waktu lalu dan memenuhi kebutuhan rekreasi dan wisata bahari masyarakat Sulsel yang sejak dulu dikenal sebagai masyarakat dan pencinta bahari, bagi PT. Putra Putra Nusantara tidaklah gampang.

Berbagai fasilitas yang tadinya bisa dikatakan tidak layak sekarang direnovasi dan dikembangkan yang ke semuanya itu untuk kepuasan pengunjung Pulau Khayangan.

Menurut A Januar Jaury, pengelola Pulau Khayangan, Pulau Khayangan selain menjadi tempat rekreasi akan dijadikan pusat informasi berbagai macam kegiatan bahari yang ada di Makassar.

Pulau Khayangan
Pulau Khayangan

Sejak tahun 2006 silam pengunjung sudah bisa menikmati berbagai macam fasilitas seperti children play ground, Olahraga perairan, mini basket, volly pantai, swimming pool, water boom, dan lain-lain.

Sebagai satu-satunya pulau terdekat di dunia yang sudah dikelola dengan baik untuk menjadi tempat rekreasi bersama keluarga tercinta, anda sudah bisa menikmati berbagai fasilitas tempat ibadah, kamar-kamar dengan standar hotel, cafe dan  restoran, karaoke room, billyard, panggung terbuka, ruang pertemuan, mini market dan masih banyak hal lain yang tentu saja dapat menghibur dan memuaskan pengunjung.

Baca :Datang ke Makassar Jangan Lupa Mengunjungi 5 Tempat Ini

Penulis : Suzan