Nilai Pasar dan Line Up Terbaru Juventus Setelah Ronaldo Bergabung

line up, ronaldo, nilai pasar, juventus
Bacakan berita

Terkini.id – Bergabungnya sang bintang Cristiano Ronaldo ke Juventus, tidak cuma membangun optimisme klub Italia itu untuk menjuarai Liga Champions. Pasar di Italia juga ikut bergerak.

Sepak bola, tepatnya Serie A Italia tentu saja menjadi salah satu sektor yang berperan besar menggerakkan ekonomi di Italia.

Apa yang menarik dari keputusan Juventus membayar hingga € 100 juta, dan menggaji € 60 juta per tahun kepada Ronaldo?

Bisa dibayangkan hingga Jumat akhir pekan lalu, tercatat nilai pasar Juventus di bursa saham terus melesat naik sejak isu datangnya Ronaldo ke Juventus bergaung.

Tercatat, Saham Juventus Football Club SpA (JUVE) melonjak naik dari USD 775 juta menjadi USD 964 juta hanya dalam 3 hari, hingga Jumat akhir pekan lalu, atau sekitar 20 persen. Dalam lima hari terakhir, harga saham JUVE naik 31,34 persen sehingga nilai pasar JUVE ikut melesat menjadi USD 794,89 juta.

Saham Juventus yang melesat naik sejak 2 Juli lalu, seiring dengan isu kedatangan Ronaldo

‘Uang besar’ yang masuk dan berputar di pasar uang Italia itu, nilainya setara triliunan rupiah. Datang dari para investor. Karena sentimen pasar yang optimis.

Baca :Rekam Jejak Perjalanan Berat Real Madrid di Liga Champions musim ini

Fakta-fakta lainnya, laya kaca televisi mulai beralih menyiarkan Seria A. Salah satunya adalah DStv, yang mengumumkan akan menyiarkan pertandingan Serie A itu lagi.

Sokongan dari Fiat

Football Italia mencatat, Juventus mendapat sokongan modal dari berbagai perusahaan di Italia, untuk membeli Ronaldo.
Salah satu perusahaan tersebut adalah Fiat, sebuah perusahaan otomotif.

Pemasukan Pajak

Selain nilai pasar Juventus yang naik, pemerintah di Italia juga mendapat pemasukan besar dari kedatangan Ronaldo.

Bayangkan saja, gaji yang diberikan Juventus kepada Ronaldo sebesar € 60 juta per tahun, setara Rp 1 Triliun. Itu belum dipotong pajak.

Setelah gaji itu dipotong pajak hingga 50 persen, pemerintah paling tidak mengutip hingga Rp 500 miliar dari gaji Ronaldo per tahun.

Artinya, setelah dipotong pajak, gaji Ronaldo menyusut menjadi € 30 juta per tahun.

Gaji Ronaldo tersebut terbilang sangat tinggi, bahkan bisa disebut rekor bayaran termahal bagi tim asal Italia ini. Saat ini, Juventus membayar gaji tertinggi pada Gonzalo Higuan sebesar € 7,5 juta per tahun.

Baca :Live Streaming UCL, Ronaldo akan hadapi Trio Maut Liverpool

Line Up Juventus

The Guardian menulis, untuk membayar Ronaldo dengan nilai yang super mahal tersebut, Juventus tampaknya mengambil risiko besar. Akan tetapi, I Bianconeri akhir-akhir ini belum pernah melakukan kesalahan.

Line Up Juventus

Bisa dilihat, sejak ‘dibuang’ ke Serie B pada tahun 2006, karena skandal Calciopoli, Juventus butuh enam tahun untuk bisa bangkit dan menjadi juara Liga Italia tujuh tahun berturut-turut.

Kesuksesan ini tentu bukan kebetulan. Juventus sudah melakukan banyak rencana strategis, serta mengembangkan rencana bisnis yang luar biasa.

Dimulai dari pembangunan stadion modern pertama di Serie A tahun 2010, kemudian rebranding logo baru yang lebih ramah media sosial pada tahun lalu.

Baca: Cicil rumah Rp 800 ribu untuk kamu pekerja di Makassar; ini syaratnya

Tahun demi tahun Juventus, menemukan sebuah nilai di mana tim lain melewatkannya. Pemain sebelumnya, Andrea Pirlo, Sami Khedira, dan Dani Alves bergabung ke Juventus dengan transfer gratis.

Line Up Juventus kini diisi Cristiano Ronaldo.

Carlos Tevez berharga € 9 miliar pada awal. Paul Pogba ditandatangani dan kemudian kembali ke Manchester United empat tahun kemudian dengan keuntungan sekitar € 70 juta (begitu biaya agen Mino Raiola telah dikurangi).