Noer Fajrieansyah Figur Ideal untuk Pimpin DPP KNPI

Noer Fajrieansyah

GEGAP politik jelang pelaksanaan Kongres Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) ke- XV, pada akhir Desember 2018 mendatang, memunculkan tiga nama penting yang bertarung berebut posisi Ketua Umum DPP KNPI periode 2018-2021.

Ketiga nama yang telah menyerahkan berkas pencalonannya hingga batas akhir pendaftar (Senin 1 Desember 2018, pukul 00:00 WIB) adalah Haris Pertamano, Jackson Kumaat, dan Noer Fajrieansyah.

Baca juga: 7 alasan cowok HMI itu layak jadi pendamping hidupmu

Tentu pada perhelatan Kongres ke-XV yang dilangsungkan di Aceh kali ini, diharapkan menjadi momentum yang baik untuk kembali menata dan mengharmoniskan kembali komponen pemuda seluruh Indonesia, khususnya menata dan mengharmoniskan kembali DPP KNPI sebagai “tenda besar” yang menaungi seluruh Organisasi Kemasyarakatan dan Kepemudaan (OKP), dan “tenda besar” ini dapat menjadi tempat teduh dan menyejukkan bagi segala kepentingan dan warna warni pemuda Indonesia, sehingga dengan itu dapat meretas dikotomi dan menekan terjadinya friksi yang terlalu tajam antar OKP.

Sehingga demikian, diharapkan orang yang menjadi Ketua Umum DPP KNPI (2018-2021) mendatang, adalah orang yang mengerti organisasi kepemudaan, memahami persoalan-persoalan pemuda dan organisasi kepemudaan, dan memiliki peta politik dalam visi misi kepemimpinan yang mumpuni.

Oleh karena itu, dengan visi-misi yang kuat dan pengalaman yang mapan dalam memimpin organisasi kepemudaan secara nasional dapat memberi optimisme tentang arah dan langkah Pemuda Indonesia khususnya DPP KNPI yang lebih baik ke depan.

Dengan memperhatikan konsepsi-konsepsi masa depan DPP KNPI dan sarat kepemimpinan, sebagaimana dikemukakan di atas, dapat kita lihat figus yang memenuhi sarat dari ketiga nama calon Ketua Umum yang mengemuka adalah Noer Fajrieansyah.

Pemuda kelahiran Jakarta 1983 yang sering disapa Bung Fajrie ini memiliki kapasitas kepemimpinan, jaringan dan pengalaman dalam memimpin organisasi kepemudaan secara nasional, yakni sebagai mantan Ketua Umum PB HMI.

Tidak hanya itu, kefiguran Bung Fajrie sangat ideal dalam memimpin DPP KNPI ke depan. Selain muda, cerdas, ia sangat visioner, dan memikiki segudang pengalaman dlm memipmpin organisasi mulai dari organisasi kemahasiswaan, kepemudaan, maupun memimpin sebuah perusahaan secara profesional. Dan sebagai orang yang cukup mengenal kepribadian Bung Fajrie, saya menilai ia merupakan sosok anak muda yang selalu cekatan, ulet, fleksibel, adaptif dengan spirit perubahan untuk kemajuan.

Dengan kapasitas dan pengalaman itu pulalah, diyakini Bung Fajrie dapat membawa DPP KNPI menjadi lebih baik, profesional dan modern, sebagai “tenda besar” atau wadah berhimpun secara holistik bagi seluruh pemuda Indonesia, dan menjadi pilar utama keberagaman pemuda Indonesia yang “Satu Nafas” dalam membangun bangsa.

Selain itu, kalau kita periksa visi-misi Bung Fajrie yaitu “KNPI Satu Nafas”, adalah merupakan visi-misi yang cukup ideal, holistik, dan mencerminkan bahwa ia figur anak muda yang memiliki wawasan yang luas, memahami kontestasi apa yang sedang dibutuhkan oleh KNPI dan Pemuda Indonesia secara umum, paham bagaimana membangun organisasi, potensi dan kreasi pemuda. Karena dengan visi itu dapat menjadi semangat dan filosofi yang dapat menyatukan kembali komitmen, visi, cita-cita dan langkah perjuangan pemuda Indonesia.

Karena sebagaimana yang Bung Fajrien kemukakan dalam sebuah media nasional, bahwa visi “KNPI Satu Nafas” merupakan istilah yang menunjukkan bahwa pemuda seluruh Indonesia satu kesatuan tekad, satu kesatuan visi dan misi, satu kesatuan detak nadi perjuangan, satu kesatuan cita-cita membangun bangsa dan negara Indonesia.

Sehingga itu, visi yang diusung Bung Fajrie bukan hanya slogan semata tetapi sekaligus filosofi dan nafas perjuangan pemuda Indonesia, yang dapat menyatukan seluruh potensi dan kreasi pemuda dalam berkolaborasi aktif mewujudkan Indonesia yang lebih baik, kepemimpinan pemuda yang tangguh, dan menjadi solusi setiap persoalan bangsa. Memberi rasa optimisme kepada rakyat bahwa Indonesia akan semakin maju dan menjadi bangsa yang berdaya saing.

Selamat ber-Kongres DPP KNPI ke-XV, semoga berjalan dengan aman, lancar dan dijauhkan dari segala hal yang buruk. Dan semoga KNPI semakin maju, profesional dan modern, menjadi tenda yang menyejukkan dan menggembirakan bagi seluruh pemuda Indonesia. Bravo Bung Fajrie!

Ibnu Hajar adalah mantan Ketua Bidang Partisipasi Pembangunan Nasional PB HMI (2011-2012)

Berita Terkait
Komentar
Terkini