Nostalgia dengan Nokia, ternyata awal mulanya bukanlah produsen ponsel

Nokia
Ponsel-ponsel keluaran Nokia

Terkini.id – Siapa yang tidak mengenal Nokia? Terutama bagi generasi 80-an hingga 90-an, semuanya pasti tahu tentang Nokia. Bagi generasi 80 hingga 90-an Nokia menjadi simbol dan merupakan hiburan untuk menghabiskan waktu, sebelum smartphone-smartphone canggih keluaran dari Apple dan Samsung mulai mengambil ahli pasar dunia.

Apa kalian tahu? Sebelum menjadi perusahaan yang bergerak dalam bidang telekomunikasi, Nokia sebenarnya adalah perusahaan penggilingan pulp yang didirikan oleh seorang pria bernama Fredrik Idestam, pada tahun 1865.

Nama Nokia sendiri berasal dari nama sebuah komunitas yang tinggal di sungai Emakoski di Finlandia, yaitu Nokianvirta yang nantinya dipenggal menjadi Nokia, seperti yang dikenal dunia seperti sekarang ini.

Setelah beralih menjadi perusahaan komunikasi, Nokia baru menduduki masa kejayaannya pada tahun 1993. Dimana pada saat itu Nokia berhasil mengeluarkan ponsel berukuran kecil dengan antena yang pendek yang bernama Nokia Mobira 1011, sangat kontras dengan ponsel lainnya saat itu.

Dilansir dari pusatgratis.com, selanjutnya pada tahun 1999, Nokia berhasil mengubah standar dunia terhadap ponsel dengan mengeluarkan Nokia 3210 yang memiliki grafik yang lebih baik. Dengan demikian, era ponsel besar dan memiliki antena telah berakhir di tangan si kecil ini.

Menarik untuk Anda:

Pada tahun 2005, Nokia berhasil menduduki pasar dunia dengan memegang rekor penjualan ponsel tertinggi sepanjang sejarah.

Prestasi tersebut berhasil tercapai karena Nokia 1110 yang terjual sebanyak 250 juta unit di seluruh dunia. Kemudian yang disusul oleh seri Nokia 1200 dan Nokia 3210 yang terjual sebanyak 150 juta unit. Serta Nokia 3310 yang terjual sebanyak 136 juta unit. Ini adalah bukti  dari legenda Nokia pada zamannya.

Bagi yang pernah memiliki ponsel Nokia, kalian pasti sering mendengar nada dering yang cukup khas. Nada tersebut berasal dari algu Gran Vals yang dibawakan oleh musisi asal Spanyol yang bernama Francisco Tarrega.

Dilansir dari Wikipedia.org, pada tahun 2007, Nokia mengeluarkan smartphone 3G yang diberi nama Nokia E90 Communicator, Smartphone ini pertama kali terjual dalam pelelangan di Jakarta seharga Rp. 45,000,000, yang sekaligus menjadi model terakhir seri Communicator.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

“Surga Para Gamers” Acer Predator Store Kini Hadir di Kota Makassar

Perangkat Flagship Terbaru OPPO Find X Resmi Hadir di Indonesia

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar