Novel Malewa, Lelaki yang Berjalan di Atas Air Dibagi Gratis ke Publik

Terkini.id,Makassar – Novel Malewa, Lelaki yang Berjalan di Atas Air, Novel berkisah tentang Pelaut dibagikan gratis ke publik. Hal ini disampaikan langsung oleh pemilik Novel tersebut yakni Andhika Mappasomba kepada Makassar Terkini, Rabu 8 Mei 2019 lewat keterangan tertulisnya.

Diketahui novel ini merupakan karya seorang Sastrawan kelahiran Bulukumba, Andhika Mappasomba DM. Novel ini adalah sebuah novel yang versi cetaknya diluncurkan pada 14 April 2019 lalu di Desa Borong Bulukumba dan versi digitalnya diluncurkan pada 3 Mei 2019 lalu di Perpustakaan Umum, Kota Makassar, dan dihadiri puluhan peserta.

Novel Malewa, Lelaki yang Berjalan di Atas Air

Pustakawan Senior Dinas Perpustakaan dan Kersipan Sulsel, Nilma, mengatakan bahwa Andhika Mappasomba dengan membagikan bukunya secara gratis, baik bentuk fisik mau pun digital adalah satu hal yang layak diacungi jempol dan disupport oleh semua pihak.

Baca Juga: Terpilih Sebagai Komisioner KIP, Andhika Mappasomba: Ini Amanah Masyarakat

“Andhika sebagai penggiat literasi telah melakukan hal yang luar biasa. Sebuah hal yang “gila”. Dan ini tentu dapat menjadi inspirasi untuk memotivasi semua penulis atau penggiat Literasi Sulawesi Selatan dan Indonesia secara umum. Ini kontribusi yang nyata seorang pemuda untuk Bangsa,” terang Nilma.

Penulis Novel Malewa, Lelaki yang Berjalan di Atas Air, Andhika Mappasomba

Dalam acara peluncuran tersebut, turut hadir Roni Salasa dan Andi Karman, Andi Mallarangan yang juga Lay Outer dan Penggiat Sastra Sulawesi Selatan. Mereka memberikan catatan apresiasi di hadapan peserta yang datang dari berbagai kalangan tersebut.

Baca Juga: Bulukumba, Kota yang Tumbuh Menghapus Jejaknya Sendiri

Hampir senada, Ketiga penggiat Seni Sastra tersebut memuji kemampuan Andhika membangun alur cerita dan kepiawaiannya mengaduk emosi pembaca, lewat kisah Malewa dan Atikah, tokoh dalam novel tersebut.

Sementara itu, Andhika Mappasomba mengatakan bahwa dia  mencetak Novelnya tersebut lewat Penerbit Rumah Bunyi dan membagikannya secara gratis.

Penulis Novel Malewa, Lelaki yang Berjalan di Atas Air, Andhika Mappasomba

“Saya telah mengirimkannya buku versi cetaknya ke hampir seluruh wilayah di Indonesia dan juga telah membagikan buku digitalnya seluas-luasnya pada masyarakat Indonesia. Semua kami lalukan dengan gratis,” tuturnya.

“Harapannya semoga bukunya dapat menginspirasi Indonesia seluas-luasnya khususnya minat pada literasi, sebagaimana harapan dari novel bersetting beberapa Pulau di Nusantara,” terangnya.

Disebutkan pula bahwa sebelum versi digitalnya diluncurkan, Andhika juga telah diundang untuk membedah novelnya di Kota Parepare bersama Rumah Belajar Cinta Damai dan di Komunitas Literasi Majene, Sulawesi Selatan, Bulan April lalu.

“Dalam waktu dekat, novel ini rencananya juga akan dibedah di beberapa radio dan kampus di Kota Makassar,” tutupnya.

Sponsored by adnow
Bagikan